Manfaat Anggur Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

anggur merah

 

Anggur merah memiliki lebih sedikit kalori daripada anggur hijau (juga dikenal sebagai anggur putih). Selanjutnya, manfaat anggur merah untuk kesehatan bahkan lebih besar dari anggur hijau. Ini karena warna buah lebih kuat, semakin tinggi kandungan fitonutrien dan antioksidan.

Kandungan nutrisi anggur merah sangat mirip dengan anggur hitam. Perbedaan paling jelas antara kedua jenis anggur ini hanyalah rasa. Anggur hitam memiliki rasa yang lebih kuat dan manis daripada anggur merah.
Manfaat anggur merah untuk kesehatan

Makan buah anggur merah secara teratur baik untuk menjaga kecantikan dan kesehatan.

Manfaat Anggur Merah


1. Mencegah kanker

Anggur merah kaya resveratrol, sejenis antioksidan yang berfungsi mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Konten ini juga berguna untuk memblokir radiasi berbahaya seperti radiasi ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) dari sengatan matahari. Paparan radiasi beresiko menyebabkan kanker kulit.


2. Melawan penuaan dini

Kandungan antioksidan dalam anggur merah digunakan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas berasal dari polusi, bahan kimia dari makanan atau produk perawatan kulit, atau rokok. Radikal bebas merusak dan membunuh berbagai sel di dalam tubuh. Kerusakan sel ini dapat menyebabkan penuaan dini. Gejala termasuk kulit keriput, uban atau tulang keropos.


3. Menjaga kesehatan otak

Manfaat anggur merah juga bisa dirasakan oleh otak Anda. Revesratrol dalam anggur merah dapat memperlancar sirkulasi darah ke otak. Darah diperlukan untuk otak sebagai sumber oksigen dan nutrisi berfungsi dengan baik. Lebih jauh, sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa revestratrol dapat membantu memperkuat ingatan manusia.


4. Meringankan gejala alergi dan peradangan

Anggur merah memiliki sifat antihistamin anti-inflamasi. Oleh karena itu, buah ini baik dikonsumsi oleh mereka yang sakit karena peradangan seperti radang paru-paru, sakit tenggorokan atau radang usus buntu. Sementara itu, antihistamin diperlukan oleh tubuh ketika histamin (zat alami yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh manusia) bereaksi berlebihan. Reaksi histamin dapat menyebabkan gejala alergi.


5. Seimbangkan kadar kolesterol

Buah ini efektif untuk menyeimbangkan kadar kolesterol berkat kandungan saponin. Zat ini dapat menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah. Dengan cara ini, kadar kolesterol tetap seimbang. Kadar kolesterol yang seimbang dapat menjauhkan Anda dari penyakit seperti obesitas dan penyakit jantung.

Baca Juga :