FILSAFAT ILMU

FILSAFAT ILMU

FILSAFAT ILMU

FILSAFAT ILMU
FILSAFAT ILMU

Standar kompetensi

Standar kompetensi yang hendak dicapai pada mata kuliah Filsafat Ilmu adalah agar mahasiswa dapat menerapkan filsafat ilmu sebagai landasan berfikir. Dengan bobot 2 SKS, Setidaknya ada dua manfaat mempelajari mata kuliah ini yakni 1) Mahasiswa dapat memahami konsep dasar filsafat ilmu. 2) Mahasiswa dapat menerapkan filsafat ilmu sebagai landasan berfikir.

Dalam pembelajaran di kelas

Dalam pembelajaran di kelas, mata kuliah ini menggunakan strategi pembelajaran langsung. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran inovatif, diantaranya tanya jawab, curah pendapat, presentasi, diskusi, debat, dan sebagainya. Metode pembelajaran tersebut dilanjutkan dengan analisis persoalan hingga pada penugasan.

Penugasan terdiri dari dua bentuk

Penugasan terdiri dari dua bentuk, yakni penugasan individu dan penugasan kelompok. Pembagian tema/topik tugas disesuaikan dengan materi pokok perkuliahan. Tema dibagi secara acak kepada masing-masing mahasiswa/kelompok. Setiap tugas diwajibkan untuk dipresentasikan. Presentasi diperlukan untuk menguji pengetahuan mahasiswa terhadap makalah yang ditulisnya. Presentasi dilakukan di dalam kelas. Pendengar boleh mengajukan pertanyaan, kritik dan saran kepada mahasiswa yang sedang melakukan presentasi.

Persiapan pembelajaran

  • Analisis kompetensi
  • Kontrak kuliah
  • Silabus
  • Penilaian hasil pembelajaran
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Baca Juga :