Fungsi Dan Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Fungsi Dan Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Definisi Pendidikan

Fungsi Dan Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi– Pendidikan merupakan salah satu pilar pengembangan sumber daya manusia yang memiliki peran penting bagi kehidupan nasional. Masa depan bangsa bergantung pada keberadaan pendidikan yang berkualitas yang berlangsung di masa kini .upayapeningkatan mutu sekolah merupakan titik pokok upaya penciptaan pendidikan yang berkualitas . upaya peningkatan mutu sekolah merupakan tindaakan yang harus tetap berkesinambungan , kapanpun , dimanapun dan dalam kondisi apapun.
Fungsi Dan Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Lembaga pendidikan

Lembaga pendidikan yang berkualitas merupakan dambaan setiap komponen masyarakat , baik komponen masyarakat sekolah yang terdiri dari peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, maupun masyarakat daalam arti luas orang tua atau masyarakat lain pengguna pendidikan atau simpatisan yang menaruh perhatian besar kepada kuantitas dan kualitas output sekolah, yang akhirnya akan menggunakan jasa pendidikan yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan yang berkualitas tersebut.

Materi Pembelajaran

Mata pelajaran IPS merupakan suatu kajian intergrasi dari ilmu-ilmu social dan ilmu-ilmu kemanusiaan untuk meningkatkan kemampuan kewarganegaraan. Pendidikan IPS tediri atas bahan pilihan yang sudah di sederhanakan dan di organisasikan secara pisikologi dan ilmiah untuk kepentingan tujuan pendidikan .dalam kenyataan di lapangan , mata pelajaran IPS belum dapat mencapai target yang di inginkan . hal tersebut di sebabkan oleh kesulitan yang di hadapi peserta didik dalam memahami materi yang sulit untuk di kuasai . selain itu metode yang di gunakan dalam proses belajar mengajar di ruangan kelas masih terpaku dalam buku-buku pembelajaran .
Teknologi pembelajaran merupakan aspek pendidikan yang sangat pentng.Pengembangan dan penerapan teknologi pembelajaran harus berpusat pada kebutuhan perkembangan peserta didik sebagai individu yang unik. Guru senantiasa memperhatikan teknologi pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran terstruktur pada penyampaian materi pada masing-masing mata pelajaran yang memiliki karakteristik yang berbeda.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  yang semakin berkembangan pesat di era globalisasi sekarang ini , menurut para guru harus lebih siap menerima perubahan yang terjadi. Guru seringkali menggunakan ceramah sehingga proses belajar anak hanya sekedar merekam informasi. Guru mendiktekan semua informasi pelajaran dan peserta didik hanya memperhatikan serta mencatatnya. Hal tersebut membuat mereka tidak terbiasa untuk bersifat keratif dalam mengemukakan ide-ide dalam memecahkan masalah.sebagai hasilnya peserta didik kurang memiliki kemampuan dalam mengelolah informasi menjadi ide-ide baru, karna hanya terbiasa merekam tidak memiliki untuk mengemukakan informasi yang di terimanya.
Media massa merupakan salah satu sarana untuk pengembangan kebudayaan, bukan hanya budaya dalam pengertian seni dan symbol tetapi juga dalam pengertian pengembangan tatacara, metode, gaya hidup dan norma-norma. Media sangat  berperan dalam perkembangan atau bahkan perubahan pola tingkah laku dalam suatu dari suatu masyarakat , oleh karna itu kedudukan media massa sangatlah penting. Dengan adanya media massa masyarakat tadinya tidak di katakan tidak beradab dapat menjadi masyarakat yang beradab .oleh karna itu media massa mempunyai jaringan yang luas dan bersifat massal sehingga masyarakat yang membaca tidak hanya perorang-orang tapi sudah mencakup jumlah puluhan, ratusan , bahkan ribuan pembaca sehingga pengaruh media massa akan sangat terlihat di permukaan masyarakat.

Media Sosial

Media social adalah sebuah media online, dengan cara penggunaanya bias mudah beradaptasi, berbagi , dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring social , wiki , forum dan dunia virtual. Blog jejaring social dan wiki merupakan bentuk media social yang paling umum di gunakan oleh masyarakat di seluruh dunia (Wikipedia,2012).
Peranan media social sangat terlihat dalam dunia modern ini, peran dalam kegiatan pembelajaranpun dapat di lakukan oleh media social, salah satunya media social blog, setiap guru ataupun dosen sering menggungah materi pembelajaran atau materi perkuliahan di blognya dan kemudian para peserta didik mengaksesnya selama 24jam. Media social skype juga sering di gunakan dalam pembelajaran jarak jauh antara guru dan murid. Sehingga kendala ruang dan waktu seolah-olah tidak ada batasnya.