Fungsi Darah Dalam Tubuh Manusia

fungsi darah

Fungsi Darah Dalam Tubuh

Darah mudah digunakan untuk membawa bahan / zat makanan, oksigen, sisa metabolisme dan hormon dalam tubuh manusia. Selain itu, darah juga merupakan penjaga kadar asam-basa cairan tubuh dan pengatur suhu tubuh.

Darah terdiri dari 2 komponen utama, plasma darah dan sel darah. Plasma darah adalah komponen darah yang paling banyak, dimana 55% adalah plasma darah. Plasma darah terdiri dari protein darah seperti imunoglobulin, albumin, protein, nutrisi, hormon, gas terlarut dan zat ekskresi.

yang kedua adalah sel darah. Sel darah ini dibagi menjadi 3 komponen, yaitu sel darah merah, sel darah putih dan trombosit. Tiga kompiler memiliki peran dan fungsinya masing-masing sebagai berikut:

Sel darah merah

Sel darah merah / eritrosit bertanggung jawab untuk transportasi hemoglobin yang terkait dengan oksigen dari paru-paru ke jaringan lain. Selain itu, sel darah merah yang membawa oksigen harus mengangkut hemoglobin yang terikat di paru-paru ke karbon dioksida untuk melanjutkan siklus pernapasan manusia.
kekurangan sel darah merah, sehingga Anda memiliki penyakit yang disebut anemia. Dampak dari penyakit ini cukup baik, penderita anemia biasanya akan cepat lelah dibandingkan kebanyakan orang. Ini karena kurangnya oksigen dalam tubuh karena kurangnya sel darah merah sebagai pembawa.

fungsi darah

sel darah putih

Sel darah putih dan leukosit mempertahankan kekebalan dan pertahanan tubuh. Leukosit ini bertanggung jawab untuk netralisasi bakteri dan kuman yang memasuki darah atau luka terbuka. Leukosit dapat melakukan ini karena mereka memiliki sifat amoeboid yang memungkinkan mereka untuk bergerak bebas dan bahwa mereka memiliki sifat fagosit atau mangsa mereka untuk bakteri dan sel yang telah mati.
Jika Anda terkena suatu penyakit, tubuh akan memproduksi sel darah putih lebih cepat dan lebih sering untuk mencegah penyakit memburuk. Tetapi jika tubuh memiliki leukosit berlebih, maka Anda berada dalam kondisi yang disebut leukositosis. Sebaliknya, jika Anda tertular penyakit seperti tipus yang membunuh sel darah putih, Anda akan berada dalam kondisi leukopenia atau tidak adanya sel darah putih.

Potongan darah

Trombosit atau trombosit adalah komponen terakhir dari sel darah. Trombosit tidak teratur, tidak berwarna, nukleus, lebih kecil dari eritrosit dan leukosit, dan mudah pecah.
Apakah ini tugas trombosit? Karyanya adalah untuk membekukan darah. Ini untuk mengurangi jumlah darah yang terjadi selama cedera manusia.

Jadi, darah di tubuh kita memenuhi banyak fungsi. Selain untuk kebutuhan nutrisi dan mineral tubuh, ia juga berfungsi sebagai agen oksigen untuk paru-paru dan meningkatkan karbon dioksida. Dengan kedua hal ini, kami mengizinkan pengiriman. Yang utama, dengan adanya antibodi / sistem kekebalan dalam darah, tidak mudah terserang penyakit yang bisa mengganggu aktivitas kita.

Baca Juga :