Faktor-Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Faktor-Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

siapa yang senang bercocok tanam? Atau ada yang senang bersama dengan tanaman hias? Tahukah kamu, tumbuhan sanggup berkembang seperti kita, lho! Ada 2 segi yang memengaruhi perkembangan dan perkembangan tumbuhan, yakni segi eksternal dan segi internal. Kuy, kami pelajari lebih lanjut tentang faktor-faktor perkembangan dan perkembangan tumbuhan!

Faktor Eksternal

Faktor eksternal yang memengaruhi perkembangan dan perkembangan tumbuhan merupakan segi yang berasal berasal dari luar tubuh tumbuhan. Faktor eksternal selanjutnya antara lain zat hara, cahaya, air, suhu, oksigen dan kelembapan. Zat hara adalah unsur makronutrien dan mikronutrien, kalau karbondioksida. Selain zat hara, cahaya dan air juga punyai fungsinya sendiri sebagai segi eksternal dalam perkembangan sebuah tumbuhan.

Cahaya menunjang sistem fotosintesis, namun air berfaedah untuk menunjang biji berkecambah dan sebagai sumber zat fotosintesis. Selain itu, oksigen berfaedah untuk sistem respirasi , namun kelembaban berfaedah untuk sesuaikan sistem perkecambahan. Lalu, suhu fungsinya apa, dong? Suhu memengaruhi aktivitas enzim dalam tumbuhan, lho.

Faktor Internal

Faktor internal adalah segi yang berasal berasal dari dalam tubuh tumbuhan itu sendiri. Yang juga ke dalam segi internal antara lain gen dan fitohormon. Tentu anda udah mendengar tentang gen sebelumnya, kan? Gen merupakan substansi yang menurunkan cii-ciri berasal dari induk kepada keturunannya. Dalam tumbuhan, gen sanggup sesuaikan keadaan fisik dan non fisik tumbuhan, kalau warna bunga atau rasa buahnya.

Wah, terkecuali fitohormon itu apa, ya? Fitohormon adalah zat yang mengendalikan manfaat tubuh pada tumbuhan. Contoh fitohormon antara lain auksin, giberelin, sitokinin, asam abisat, etilen, traumalin, dan kalin. Mau mengetahui lebih lanjut?

Selengkapnya : https://www.biologi.co.id/