Atasi Penat dalam Bekerja

Atasi Penat dalam Bekerja

Atasi Penat dalam Bekerja

Atasi Penat dalam Bekerja
Atasi Penat dalam Bekerja

Tuntutan pekerjaan sering membuat orang bekerja seharian di belakang meja

Dan terus menerus menatap komputer.Terlebih bila suatu pekerjaan tersebut harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu dikarenakan harus mencapai target apa yang ingin dicapai oleh perusahaan.Hal ini tentu saja akan melelahkan dan menjenuhkan. Terkadang kebanyakan orang berpikir bahwa bekerja di dalam gedung berhadapan dengan komputer adalah hal yang menyenangkan, berpakain bersih gaji lumayan dan punya relasi luas.Tetapi sebagian orang juga merasakan sangat lelah ketika bekerja dikantor. Dengan segudang rutinitas yang itu-itu saja, setumpuk kertas, laporan dan mata selalu menatap di depan computer. Kalau kita lihat, kelelahan dan kepenatan dalam rutinitas di kantor banyak sekali faktor pencetusnya.Mulai dari pekerjaan yang menumpuk dan kita tidak punya rencana kerja yang baik sampai pada kemungkinan tekanan dari atasan yang besar serta suasana kerja yang tidak kondusif.

Bila kita terlalu memaksakan diri dalam menyelesaikan suatu pekerjaan

Tanpa mengertahui dan menyadari batas batas maksimal dari kondisi tubuh dan pikiran kita maka itu semua akan dapat menimbulkan stress.Setiap orang dari kita pasti pernah mengalami stress dalam pekerjaan.Faktor atau penyebab sesorang mengalami stress dalam pekerjaan adalah :

 

FAKTOR INTERNAL

1. Pekerjaan yang kita dapatkan itu tidak sesuai dengan bakat kita atau tidak sesuai dengan jabatan yang kita inginkan.
2. Tidak puasnya hasil yang diterima selama bekerja.
3. Tidak sesuai dengan tingkatan pendidikan kita.
4. Tidak sesuai dengan cita cita misalnya ingin menjadi manager tetapi jabatan yang diterima hanyalah karyawan biasa.

 

FAKTOR EXSTERNAL

1. Mendapat tekanan yang berlebihan dari atasan .
2. Adanya persaingan dari karyawan sehingga menghambat tujuan dan cita cita
3. Adanya tekanan dari luar pekerjaan misalnya dari keluarga
4. Penghasilan atau gaji yang tidak sesuai dengan kebutuhan
5. Pekerjaan yang kita dapatkan terlalu monoton dan membosankan

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat menghilangkan kepenatan ditempat bekerja agar kita tidak mengalami sterss yang berkepanjangan.Melakukan relaksasi dapat berguna untuk mengendurka otot otot yang tegang.Relaksasi ini dapat dilakukan dengan cara melakukan gerakan gerakan sederhana seperti menggerakkan tangan atau memutar badan ke kanan atau ke kiri.Relaksasi juga bisa dilakukan dengan cara memijat leher dan punggung. Browsing internet dapat menjadi cara yang baik untuk menghilangkan kejenuhan. Ketika menjelajahi internet tak jarang kita menemukan ide ide baru yang berkaitan dengan pekerjaan yang dapat membantu atau mempermudah atau memberi inspirasi dalam hal pekerjaan.Membaca buku,komik,majalah,novel atau koran merupakan pilihan lainnya,membaca merupakan sesuatu yang menarik bagi kita,entah berita peristiwa,olahraga,serial humor,kecantikkan hal tersebut dapat menyegarkan pikiran dan memberikan dampak positif selain untuk menghilangkan penat. Membaca buku,komik,majalah atau koran juga dapat menambah wawasan dan informasi yang belum pernah kita ketahui.

Baca Juga :