Penyebab Mesin Mobil Mudah Panas

Bagi mereka yang memiliki mobil, tentu Anda akan sering merasa bahwa mobil Anda akan menjadi panas atau suhu mesin akan menjadi panas. Jika ini terjadi pada mobil Anda, tentu saja Anda tidak boleh meremehkan keadaan mobil Anda.

Penyebab Mesin Mobl Mudah Panas

Kondisi mobil yang sangat panas dapat menyebabkan mesin berhenti, dan tentu saja itu akan membahayakan keselamatan Anda. Secara umum, mesin mobil segera panas untuk usia mobil, yang terlalu tua. Tapi, tentu saja, masih banyak faktor lain yang bisa menyebabkan mobil panas berkecepatan tinggi. Lantas apa penyebab mobil panas berkecepatan tinggi? Ini penjelasan.

1. Radiator dan selang

Salah satu alasan mengapa mobil cepat memanas ketika menggunakan selang dan radiator adalah kondisi radiator yang bocor. Untuk itu, pastikan radiator dan selang radiator tidak tersumbat dengan rapi.

Jika radiator mobil Anda rusak atau mesin terlalu panas secara aneh, akan lebih baik bagi Anda untuk membawa mobil ke pabrik khusus radiator untuk menangani kerusakan pada bagian-bagian di dalam radiator. Mari kita lihat.

Jika kerusakan parah, Anda perlu mengganti radiator untuk mencegah mobil dari panas lagi segera. (Baca juga: Kelebihan dan kekurangan mobil Baleno)

Cairan radiator

Sumber : rental mobil lampung

Radiator Udara Penyebab lain mobil menjadi panas bukanlah penggunaan cairan radiator, tetapi itu tidak benar. Jika Anda mengisi radiator dengan air normal atau air sumur, radiator akan kotor. Hal ini disebabkan banyak logam, mineral, dan elemen lain yang dapat menyebabkan kerak pada elemen radiator.

Untuk alasan ini akan lebih baik menggunakan air radiator khusus (cairan pendingin) sebagai pembersih radiator mobil. Jika Anda terus menggunakan air biasa, harap ganti air radiator secara teratur dalam waktu minimal 5 minggu.

Namun, jika Anda terbiasa dengan air biasa dan ingin menggunakan pendingin, pertimbangan mungkin diperlukan karena kerak di dalam radiator jatuh ketika terkena pendingin. Jangan mengoptimalkan kinerja radiator. Untuk melakukan itu, pertama-tama bersihkan radiator mobil Anda dan ganti dengan air radiator lain. (Baca juga: kekuatan dan kelemahan mobil Ertiga)

Sirkulasi air radiator di bawah standar

Sirkulasi air radiator standar Penyebab lain bisa berasal dari sirkulasi air radiator yang tidak lancar. Ini karena penggunaan air radiator terkadang salah.

Karenanya, karat dan kotoran menempel. Kotoran ini tidak memperlancar sirkulasi air radiator. Sebagai solusinya, tentu saja Anda harus melakukan perawatan rutin radiator Anda.

Silakan ganti air radiator setiap 20.000 km. Jangan lupa gunakan cairan stainless steel. Jika kondisinya terlalu buruk, Anda dapat mengganti grill radiator.

Harap baca juga:

Cara mengoperasikan mobil marque
Bagian transmisi manual mobil
Tips mengemudi jarak jauh

Tautan Sponsor

4. Kualitas minyak bekas

Kualitas oli bekas Minyak yang Anda gunakan juga merupakan salah satu alasan mobil menjadi panas. Oli berkualitas rendah cenderung menyebabkan mesin terlalu panas, yang juga dapat menyebabkan mobil mati mendadak. Ini karena minyak tidak memiliki kemampuan menahan panas berlebih.

Karena tidak bisa mentolerir panas ini, pada akhirnya mengurangi jumlah minyak. Dalam kasus seperti itu, tentu saja performa mobil tidak optimal, dan tentu saja mesin mobil rusak dengan cepat.

Itu akan lebih baik jika Anda menggunakan oli yang berkualitas baik sesuai dengan spesifikasi mesin Anda. Selain itu, periksalah kondisi mesin secara berkala untuk mencegah kebocoran oli. (Baca juga: Kiat membeli mobil bekas diesel)

5. Masalah kipas

KIPAS MOBIL TROUBLE Penyebab lain adalah kondisi kipas radiator tidak berfungsi dengan baik. Tentu saja, jika kinerja kipas tidak optimal, sensor switching tidak dapat membaca operasi.

Misalnya, Anda perlu menerima sensor yang dapat menyalakan kipas pendingin, tetapi karena sensornya rusak, kipas pendingin tidak dapat berputar dengan benar.