Pramuka Amalkan Dasa Dharma dan Tri Satya

Pramuka Amalkan Dasa Dharma dan Tri Satya

Pramuka Amalkan Dasa Dharma dan Tri Satya

 

Pramuka Amalkan Dasa Dharma dan Tri Satya

Menjelang hari jadi Gerakan Pramuka

Menjelang hari jadi Gerakan Pramuka ke-57 pada 14 Agustus 2018, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor menggelar Upacara Ulang Janji Pramuka di Sekolah Taruna Andigha Bogor, jalan Veteran, Sabtu (11/08/2018) malam.

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat

Upacara ulang janji pramuka tersebut dipimpin Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat sebagai pembina upacara dan dihadiri sekitar 600 anggota pramuka, diantaranya dari para pengurus Kwarcab, Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus), penggalang, penegak, pandega dan pembina siaga.

Sebelum dilakukannya upacara ulang janji para anggota pramuka membuat lingkaran persaudaraan dan kemudian petugas upacara menyalakan obor.

Dengan suasana gelap diiringi lagu kebangsaan dan hymne Pramuka, upacara ulang janji pramuka berlangsung khidmat.

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengajak semua untuk mengingat kembali Dasa Dharma dan Tri Satya untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dia juga mengajak untuk mengingat kembali jasa-jasa pahlawan, khususnya para pendiri Pramuka.

“Marilah kita pegang sang merah putih yang ada di pundak kita, agar selama jantung kita berdetak kita selalu ingat untuk melaksanakan janji pramuka Indonesia,” kata Kak Ade sapaannya.

Menurutnya, ulang janji pramuka ini merupakan bentuk evaluasi terhadap karya-karya yang sudah dilakukan oleh pramuka selama satu tahun, kemudian diulang janjinya melalui Tri Satya Pramuka yang dijanjikan, yaitu janji patriotnya anggota pramuka.

Bertakwa

“Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berjanji akan mewujudkan pembangunan dalam membantu masyarakat, menolong sesama termasuk juga melaksanakan Dasa Dharma Pramuka,” jelasnya.

Anggota pramuka yang mengulang janjinya,mereka akan tetap setia kepada NKRI, setia kepada negara ini melalui abdi-abdinya di pramuka.

Kak Ade berharap janji ulang pramuka ini tidak sekedar seremonial dan janji secara lisan tetapi harus tertanam dalam kalbu setiap anggota pramuka.

 

Artikel terkait: