Telkom University Juarai Kompetisi Internasional

Telkom University Juarai Kompetisi Internasional

 

 

BANDUNG – Telkom University (Tel-U) kembali mencatatkan prestasi dalam kejuaraan robot Internasional di Singapura, kemarin.

Dalam siaran persnya, Jumat (20/1) disebutkan mahasiswa Tel-U yang membawa dua kategori kejuaraan berhasil membawa nama Indonesia di Science Centre Singapura. Kedua robot itu yakni untuk kategori Open Category dan RC Underwater Robot Category.

Pembina robot Telkom University Muhamad Ikhsan Sani dan Simon Sregar mengatakan,

kompetisi Singapore Robotic Games 2017 (SRG2017) merupakan kompetisi tahunan bergengsi, hasil kolaborasi IEEE Robotics and Automation Society. Helatan ini diikuti oleh banyak universitas dan sekolah skala dunia.

”Tidak mudah untuk sampai tahap ini, tetapi dengan kerja keras dan dukungan banyak pihak, kami bersyukur bisa menorehkan catatan juara di sini (Singapura). Apalagi peserta Singapore Robotic Games 2017 ini diikuti puluhan universitas ternama dari banyak negara. Tentu ini adalah hasil kolektif, banyak pihak yang mendukung,” papar Ikhsan.

SRG 2017 merupakan helatan robot terbesar awal tahun ini. Menurut data resmi Nasional University of Singapore (NUS), SRG 2017 berhasilkan menandingkan tidak kurang dari 200 peserta dari berbagai Negara. Lima di antaranya adalah tim yang dikirim Telkom University, Bandung.

Ditemui terpisah, Rektor Telkom University Mochamad Ashari memberikan apresiasi kepada seluruh tim, profesor di bidang elektro ini berharap agar generasi potensial terus berkembang dan memajukan ilmu pengetahuan melalui berbagai bidang, salah satunya adalah keikutsertaan dalam kompetisi baik dalam skala nasional maupun global.

”Semoga capaian ini menjadi pemantik semangat dan memotivasi mahasiswa Telkom University

dan seluruh generasi bangsa yang potensial, untuk terus berinovasi, melakukan riset tanpa henti hingga menemukan titik akhir, yaitu kebermanfaatan bagi perkembangan ilmu pengetahuan, terutama dalam bidang robotic,” paparnya.

Ashari juga menambahkan, upaya dalam menumbuhkan motivasi mahasiswa dalam melakukan inovasi

tidaklah mudah. Perlu dukungan penuh dari banyak pihak, termasuk dari pemerintah. ”Sehingga sinergi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) tumbuh beriring,” ucapnya.

Sementara itu, ketua tim RC Underwater Robot Category Ryan Febriansyah mengungkapkan kegembiraannya dan berharap kompetisi serupa semakin baik. ”Senang dan bangga, terimakasih untuk semua tim, dan semoga kompetisi semacam ini lebih banyak lagi,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://voi.co.id/