Semua Anak Senang Belajar

Semua Anak Senang Belajar

Ayah bunda pada dasarnya masing-masing anak dicetuskan senang memahami hal-hal yang baru dan senang belajar. Namun kenapa masih terdapat anak yang malas? Ternyata mayoritas anak mengalami kendala belajar sampai-sampai menjadi stres dan menjadi malas belajar. Jadi yang salah bukanlah pada anak, namun metode belajarnya dan diri anda sendiri.

Tentu saja masing-masing orang dewasa pun pernah mengerjakan kesalahan, lagipula jika anak terkadang menanyakan hal-hal diluar sangkaan dan pengetahuan anda terbatas, fatalnya kita justeru memandang anak menganggu kita. Pernahkah pertanyaan-pertanyaan dilontarkan oleh buah hati kita, namun kita justeru mematikan rasa penasaran anak.

Tahukah saat kita mematikan rasa penasaran anak malah tanpa sadar kita sudah mematikan potensi anak. Misalnya anda berkata, “Ayah sedang sibuk”, “Mama sedang capek”, “Mau tahu aja”, “Jangan cerewet”, atau “Jangan tanya terus”. Akibatnya anak tidak inginkan bertanya lagi sebab ketika bertanya ia tidak mendapat jawaban, tetapi malah dilarang guna bertanya. Padahal tadinya anak sangat hendak sekali belajar lewat pertanyaan tersebut.

Akan lebih baik andai kita membalas dengan tepat, tetapi seringkali anda tidak dapat menjawab pertanyaan anak bisa, daripada menuliskan tidak tahu terdapat baiknya anda ajak menggali jawaban bersama-sama dengan mengajaknya baca kitab bersama, menyuruh anak ke perpustakaan atau bertanya dengan orang yang lebih tahu. Menjadi orang tua yang cerdas bukan berarti anda menguasai segala sesuatu yang ditanyakan anak, bukan? Tetap motivasi dan terus belajar.

Sumber : www.studybahasainggris.com/