Kerjasama Indonesia Amerika, Perluas Kesempatan Kuliah di Amerika

Kerjasama Indonesia Amerika, Perluas Kesempatan Kuliah di Amerika

Kerjasama Indonesia Amerika, Perluas Kesempatan Kuliah di Amerika

Kerjasama Indonesia Amerika, Perluas Kesempatan Kuliah di Amerika
Kerjasama Indonesia Amerika, Perluas Kesempatan Kuliah di Amerika

Kerjasama Indonesia Amerika di bidang pendidikan terus dipererat.

Terkait hal itu, Konsulat Jendral Amerika membuka pusat EducationUSA yang ke dua di Jawa Timur yakni di American Corner Perpustakan Kampus Universitas Airlangga Surabaya (Unair) B.

Pembukaan pusat konsultasi EducationUSA ini diharapkan mampu membantu setiap mahasiswa mendapatkan informasi kuliah di Amerika. Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Mark McGovern mengatakan bahwa pemerintah Amerika membuka seluas-luasnya peluang pendidikan untuk warga negara Indonesia.

“Pusat penasihat EducationUSA yang baru di American Corner UNAIR

akan lebih memberdayakan siswa Indonesia untuk memanfaatkan aspirasi mereka untuk memperoleh pendidikan kelas dunia dan membantu mereka menyadari potensi mereka sebagai pemimpin masa depan Indonesia dan dunia,” kata Konsul Jenderal AS McGovern dalam rilis yang beritajatim.com terima, Selasa (12/11/2019).
Baca Juga:

Santri Milenial Harus Miliki 4 Kemampuan Ini
Dua Mahasiswa Asal Malaysia Bangga Lulus FKH UNAIR
Mahasiswa FPK UNAIR Mandirikan Santri di Ponpes di Sumenep
Tiga Mahasiswa UNAIR Manfaatkan Teknologi 3D Printing untuk Atasi Spinal Tuberculosis
Hari Pertama UTBK Unair, Sempat Terkendala Server

EducationUSA adalah layanan konsultasi pendidikan yang didukung oleh Departemen Luar Negeri A.S. untuk memberikan informasi yang tidak bias, akurat, dan komprehensif tentang belajar di Amerika Serikat. EducationUSA secara netral mewakili semua lembaga pendidikan tinggi terakreditasi dan layanan mereka gratis. Selain pusat baru di UNAIR, ada pusat bimbingan EducationUSA di Konsulat Jenderal AS Surabaya, serta di Aceh, Jakarta, Makassar, Medan, dan Malang. Banyak penasihat EducationUSA adalah alumni universitas AS yang dapat membantu siswa Indonesia menemukan sekolah yang tepat untuk mencapai tujuan mereka.

“A.S dikreditkan menghasilkan lulusan paling inovatif dan kewirausahaan di dunia.

Saat ini ada lebih dari 9.000 orang Indonesia yang belajar di Amerika Serikat yang tersebar di 4.700 lembaga pendidikan tinggi terakreditasi. Selain membangun pemahaman yang lebih besar antara kedua negara kita, keterampilan dan koneksi yang dibawa para siswa ini dari Amerika Serikat memungkinkan mereka untuk memulai bisnis, mendukung pemerintah mereka, dan memperkuat komunitas mereka di Indonesia,” jelas Konsul Jenderal AS McGovern.

Pembukaan pusat EducationUSA yang baru di UNAR adalah salah satu acara penting dari Hari Global Airlangga yang menyatukan para siswa yang tertarik dengan pendidikan internasional. Wakil Rektor Universitas Airlangga (UNAIR), Prof. Dr. Djoko Santoso, Ph.D D, K0GH., FINASISM mengatakan, “Kerjasama UNAIR dengan lembaga-lembaga AS akan berlanjut dengan kehadiran EducationUSA Center. Kami berharap bahwa EducationUSA juga dapat membantu membangun hubungan antara Universitas Airlangga dan universitas mitra Amerika untuk meningkatkan akses ke publikasi akademik. Saya berharap bahwa dengan EducationUSA akan ada lebih banyak transfer pengetahuan, termasuk dengan bantuan alumni A.S. yang dapat berbagi pengalaman mereka belajar di Amerika Serikat. Kami berharap kolaborasi antara Universitas Airlangga dan Pemerintah Amerika Serikat di Indonesia akan tetap kuat dan berkelanjutan”.

Selain bisa berkonsultaasi dengan Penasihat EducationUSA, peserta pusat EducationUSA memiliki kesempatan terlibat dengan petugas dan staf Konsulat AS di Surabaya untuk mempelajari program pendidikan dan pertukaran budaya Departemen Luar Negeri AS, seperti Young South East Asian Leaders Beasiswa Initiative (YSEALI) dan Fulbright.

 

Baca Juga :