Pengertian Kelompok Sosial serta Fungsi dan Tujuannya

Kelompok Sosial

Kelompok Sosial – Sampai jumpa lagi, yang selalu mendiskusikan semua pengetahuan yang pasti perlu Anda pelajari. Dan kali ini kami berkesempatan untuk mendiskusikan kelompok sosial yang lengkap tentunya dari beberapa referensi salah satu nya ruangguru.co.

Silakan simak materi di bawah ini, Langsung saja…

Memahami kelompok sosial

Secara umum

Kelompok sosial adalah kelompok atau kelompok orang yang berinteraksi satu sama lain dan sadar menjadi bagian dari satu kelompok.

Kelompok dalam masyarakat ini dapat dibentuk karena tumbuhnya perasaan yang sama karena interaksi yang sering terjadi pada setiap individu.

Menurut informasi, sejauh ini jumlah kelompok sosial di masyarakat sangat besar dan dasar pembentukannya tidak sama. Maka kita harus bisa saling menghormati.

Menurut para ahli

Tentang beberapa ide tentang pemahaman kelompok sosial menurut para ahli, termasuk:

Kelompok Sosial

George Homans

Menurut pendapat George Homans, definisi Kelompok Sosial adalah kumpulan individu yang melakukan kegiatan atau interaksi dan memiliki perasaan membentuk keseluruhan yang terorganisir dan timbal balik.

Hendropuspito

Menurut pendapat Hendropuspito, Grup Sosial adalah kumpulan individu yang nyata dan tertib yang melaksanakan tugas mereka dengan cara yang relevan untuk mencapai tujuan bersama.

Willa Huky

Menurut Willa Huky, Grup Sosial adalah unit yang terdiri dari dua orang atau lebih yang berinteraksi satu sama lain dan juga berkomunikasi satu sama lain.

Joseph S. Rouge

Menurut pendapat Joseph S. Roucek, Kelompok Sosial adalah kelompok yang terdiri dari dua orang atau lebih, di antaranya, ada model interaktif yang dapat dipahami oleh seluruh partai oposisi atau orang-orang atau anggota. lainnya.

Giddens

Menurut Giddens, kelompok sosial adalah beberapa orang yang berinteraksi secara teratur.

Johnson

Menurut pendapat Johnson, Grup Sosial adalah individu atau lebih, berinteraksi satu sama lain dengan cara dimodelkan sebagai kelompok diri sendiri dan orang lain.

Mac Iver dan Charles H. pp

Menurut pendapat Mac Iver dan Charles H. Page, kelompok sosial adalah unit atau kelompok orang yang hidup bersama karena interaksinya.

Robert K. Merton

Menurut pendapat Robert K. Merton, kelompok sosial adalah sejumlah orang yang berinteraksi satu sama lain sesuai dengan model yang ada.

Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, kelompok sosial adalah unit atau perkumpulan orang-orang yang terkait satu sama lain dan akan saling mempengaruhi.

Roland Freedman Cs

Menurut pendapat Roland Freedman Cs, Grup Sosial adalah organisasi yang terdiri dari dua orang atau lebih yang saling bergantung satu sama lain karena adanya hubungan dalam suatu sistem tindakan yang dapat segera diterima. oleh semua anggota.

Sheriff

Menurut pendapat Sherif, Grup Sosial adalah unit sosial yang terdiri dari dua orang atau lebih yang melakukan interaksi sosial yang cukup intens dan teratur.

Oleh karena itu, di antara individu-individu ini terdapat pembagian tugas, struktur dan bahkan standar tertentu, khusus untuk unit sosial.

Sumber : https://ruangguru.co/