Trend Perkembangan Harddisk

Trend Perkembangan Harddisk

Trend Perkembangan Harddisk

Trend Perkembangan Harddisk
Trend Perkembangan Harddisk

Dari beberapa karakteristik berikut dapat dlihat trend perkembangan harddisk, yaitu:
1. Kerapatan Data/ Teknologi Bahan
Kerapatan data/ teknologi bahan merupakan ukuran teknologi bahan yang digunakan untuk mengukur seberapa besar bit data yang mampu disimpan dalam satu satuan persegi. Kerapatan data mengalami evolusi yang sangat kontras, yaitu pada awalnya kerapatannya sekitar 0.004 Gbits/in2 tetapi pada tahun 1999 di labortorium IBM sudah ada sekitar 35.3 Gbits/in2.
Tetapi menurut sebuah situs, akan diperkenalkan apa yang dinamakan TerraBit density. Iron oxide merupakan bahan yang digunakan sebagai media penyimpanan harddisk di awal perkembangannya. Namun siring berjalannya waktu, sudah banyak yang menggunakan media Thin Film. Media ini merupakan media yang memiliki kemampuan lebih banyak untuk menyimpan data pada luasan yang sama dan juga sifatnya yang lebih awet, dari pada iron oxide.
2. Struktur Head Baca/Tulis
Head baca/tulis merupakan perantara antara media fisik dengan data elektronik. Melalui head ini data ditulis/ dibaca ke medium fisik. Head akan mengubah data bit menjadi pulsa magnetik dan menuliskannya ke medium fisik. Pada proses pembacaan data prosesnya merupakan kebalikannya

.

Gambar 2 Desain karakteristik kebanyakan head baca/tulis

Mekanisme dalam proses baca tulis perlu diperhatikan karena hal ini merupakan hal yang sangat penting. Dalam pendahuluan sebelumnya terdapat perbedaan letak fisik head dalam operasinya. Dulu head bersentuhan fisik dengan metal penyimpan. Kini sudah ada pemberian jarak antara head dan metal penyimpan. Apabila head bersentuhan dengan metal penyimpan, hal ini akan menyebabkan kerusakan permanen fisik, yaitu head yang aus akan panas akibat gesekan, mengingat perkembangan teknologi kecepatan putar harddisk sudah sangat cepat.
Teknologi head harddisk pun juga mengalami evolusi. Evolusi head baca/tulis harddisk diantaranya:
1. Ferrite head, Teknologi head yah paling kuno yaitu Ferrite head. Ferrite head terbuat dari inti besi yang berbentuk huruf U dan dibungkus oleh lilitan elektromagnetis. Teknologi ini diimplementasikan pada pertengahan tahun 1980 pada harddisk Seagate ST-251. Kebanyakan terdapat pada harddisk yang ukurannya kurang dari 50MB.
2. Metal-In-Gap (MIG) head, Merupakan penyempurnaan dari ferrite head yaitu Metal-In-Gap (MIG). MIG ini biasanya digunakan pada harddisk yang ukurannya 50MB sampai dengan 100MB.
3. Thin Film (TF) Head, Head ini dibuat dengan proses photolothografi seperti yang digunakan pada pembuatan prosessor.
4. (Anisotropic) Magnetoresistive (MR/AMR) Heads, Head ini digunakan untuk membaca saja. Untuk penulisannya digunakan head jenis Thin Film. Head ini Diimplementasikan pada harddisk ukuran 1GB sampai dengan 30GB.
5. Giant Magnetoresistive (GMR) Heads, Heads ini merupakan penemuan dari peneliti Eropa Peter Gruenberg and Albert Fert. Heads ini digunakan pada harddisk ukuran besar seperti 75GB dan kerapatan tinggi sekitar 10 Gbits/in2 sampai dengan 15 Gbits/in2.
6. Colossal Magnetoresistive (CMR) Heads, Pengganti dari GMR adalah Colossal Magnetoresistive. GMR digantikan oleh CMR karena teknologi GMR ditarik dari pasaran.

Sumber : https://multi-part.co.id/light-a-way-apk/