Cara Menumbuhkan Kepercayaan

Cara Menumbuhkan Kepercayaan

Cara Menumbuhkan Kepercayaan

Cara Menumbuhkan Kepercayaan

  • Penerimaan

Setiap orang membutuhkan jaminan bahwa mereka diterima sepenuhnya, termasuk rasa aman dan demokratis untuk memberikan pendapatnya dan berkontribusi dalam kegiatan kelompoknya. Dalam hal ini suasana saling menghargai dalam sebuah komunitas atau kelompok. Dengan demikian akan timbul sikap saling menghargai diantara kedua pihak.

Ketika terjadi kecurangan atau pelanggaran nilai dan norma dasar yang universal yang berlaku diseluruh dunia maka secara otomatis kepercayaan pada pelaku akan hilang begitusaja akibat dari perbuatannya.


  • Berbagi Informasi dan Kepedulian

Setiap orang yang berhubungan dalam satu komunitas, agar bisa memecahkan masalah bersama, membutuhkan informasi mengenai :

  1. Kehidupan, pengalaman, gagasan, nilai masing–masing.
  2. Masalah–masalah yang dianggap penting dalam kehidupan

Pada setiap anggota diharuskan mempunyai tanggung jawab untuk saling berbagi informasi dan saling peduli arena hal ini penting bagi kelangsungan komunitas yang telah ada sehingga selalu berembang dan semakin kuat. Dan diharapkan kepentingan individu akan mengalah kepada kepentingan–kepentingan komunitas kelompok.


  • Menentukan Tujuan

Kebutuhan yang ketiga adalah untuk menentukan tujuan bersama. Tujuan adalah landasan mengapa mereka bisa bersama dengan kata lain jika komunitas kelompok berkumpul tanpa mempunyai tujuan hal ini akan menjadikan hilangnya arah dan acuan dari kelompo itu aibatnya mereka akan berjalan masing-masing tanpa arah yang jelas.


  • Pengorganisasian dan Tindakan

Pada tahap awal dalam menentukan tujuan yang akan dicapai bersama hendaknya ada yang bertanggung jawab untuk mengurus dan mengarahan emana kelompo akan pergi. Dalam hal ini dibutuhkan sosok pemimpin dari kelompok itu sendiri. Dalam organisasi, kelompok, atau komunitas sosok pemimpin sangat penting untuk menimbulkan kepercayaan antar individu. Perilaku pemimpin yang jujur, adil, peduli dan melindungi anggotanya (warga), akan menumbuhkan kepercayaan dari semua unsur komunitasnya.


Setelah merumuskan tujuan, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah merencanakan apa yang akan dilakukan. Karena hal ini penting untuk mengetahui apa yang dibutuhkan anggota. Untuk itulah perlunya keterlibatan warga masyarakat dalam proses memecahkan masalah mereka yang akan menjadi dasar perencanaan. Selanjutnya perlu dilakukan pengawasan dan evaluasi terbuka untuk mengontrol jalannya kegiatan apakah berlangsung secara efektif atau tidak.


Sedangkan sumber dari kepercayaan jika dilihat dari dua persepsi yang berbeda adalah keyakinan, norma, lembaga sosial, kepercayaan individu, baik niat, kompetensi, kemampuan, keterbukaan.Yang secara kolektif tertanam dengan struktur sistem sosial yang saling melaksanakan kewajiban.


Sumber: https://suryamasrental.co.id/new-star-manager-apk/