Hati-hati “Siapa Intip Facebook Kamu” Jebak Pengguna di Indonesia

Hati-hati “Siapa Intip Facebook Kamu” Jebak Pengguna di Indonesia

Hati-hati “Siapa Intip Facebook Kamu” Jebak Pengguna di Indonesia

Belakangan ini ramai postingan maupun komentar pada Facebook

“Cari tahu siapa yang mengintip Facebook kamu. Yang mengintip Facebookku adalah…,” yang selalu muncul dari pada kolom wall pengguna maupun komentar.

Menjadi penasaran, begitulah target pembuatnya yang telah menjebak pengguna Facebook yang kebanyakan tidak sadar menyebarkan Spam Bot saat mengikuti langkah-langkah yang dianjurkan pada postingan tersebut.

Alfons Tanujaya, praktisi internet dari vaksin.com, mengatakan, iming-iming

mengetahui siapa yang mengintip Facebook tidak lain adalah pancingan mengelabui pengguna supaya terjebak Spam Bot yang diduga berasal dari salah satu daerah yang ada di Indonesia. Teknik semacam itu biasa disebut rekayasa sosial (social engineering).

Sampai saat ini, Alfons menyebutkan target pengguna rata-rata adalah pemilik Facebook. Pasalnya, basis pengguna yang sangat banyak dan didukung oleh aplikasi eksternal yang dibuat pihak ketiga sehingga banyak celah untuk dieksploitasi data dan hak pengguna Facebook.

Seperti halnya pengguna diminta mengunduh HTC Sense yang diikuti

hak akses posting Facebook pada aplikasi yang telah disusupi Spam Bot melalui barisan kode “Access Token” Facebook. Saat di copy paste, Spam Bot pun melancarkan aksinya.

sumber :

https://ecogreenpark.co.id/online-head-ball-apk/