Macam-macam Metode Pembelajaran

Macam-macam Metode Pembelajaran

Macam-macam Metode Pembelajaran

Macam-macam Metode Pembelajaran

Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, terutama dalam pembelajaran sejarah  diantaranya:

  1. Metode Ceramah

Metode ceramah yaitu sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan saecara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Muhibbin Syah, (2000). Metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi, dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham siswa.

Kelebihan:

  1. Guru mudah menguasai kelas.
  2. Dapat diikuti siswa dengan jumlah yang banyak.
  3. Mudah mempersiapkan dan melaksanakannya.
  4. Guru mudah menerangkan bahan pelajaran berjumlah besar.

Kekurangan

  1. Membuat siswa pasif.
  2. Mengandung unsur paksaan terhadap siswa.
  3. Sukar mengontrol sejauhmana pemerolehan belajar anak didik.
  4. Kegiatan pengajaran menjadi verbalisme (pengertian kata-kata).
  5. Bila terlalu lama membosankan.
  6. Metode Diskusi

          Metode diskusi adalah cara penyajian pelajaran, dimana para siswa dihadapkan pada suatu maslah yang bisa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan secara bersama. Didalam diskusi ini proses belajar mengajar terjadi, dimana interaksi antara dua atau lebih individu yang terlibat saling tukar menukar pengalaman, informasi, memecahkan masalah, dapat juga semuanya aktif. Metode diskusi diaplikasikan dalam proses belajar mengajar untuk :

  • Mendorong siswa berpikir kritis.
  • Mendorong siswa mengekspresikan pendapatnya secara bebas.
  • Mendorong siswa menyumbangkan buah pikirnya untuk memecahkan masalah bersama.
  • Mengambil satu alternatif jawaban atau beberapa alternatif jawaban untuk memecahkan masalah berdsarkan pertimbangan yang seksama.

Kelebihan:

  1. Merangsang kreativitas anak didik dalam bentuk ide, gagasan,dan terobosan baru dalam memecahkan suatu masalah.
  2. Mengembangkan sikap menghargai pendapat orag lain.
  3. Memperluas wawasan.
  4. Membina sisiwa untuk terbiasa musyawarah untuk mufakat dalam memecahkan suatu masalah.

Kekurangan:

  1. tidak dapat dipakai dalam kelompok yang besar.
  2. Peserta diskusi mendapat informasi yang terbatas.
  3. Dapat dikuasai oleh orang-orang yang suka berbicara.
  4. Metode Karyawisata

Metode karya wisata adalah suatu metode mengajar yang dirancang terlebih dahulu oleh pendidik dan diharapkan siswa membuat laporan dan didiskusikan bersama dengan peserta didik yang lain serta didampingi oleh pendidik, yang kemudian dibukukan.

Kelebihan

  1. Karyawisata memiliki prinsip pengajaran modern yang memanfaatkan lingkungan nyata dalam pengajaran.
  2.  Membuat apa yang dipelajari disekolalebih relevan dengan kenyataan dan kebutuhan di masyarakat.
  3.  Lebih merangsang kreativitas siswa.
  4.  Informasi sebagai bahan pelajaran lebih aktual dan luas.

Kekurangan

  1. Memerlukan persiapan yang melibatkan banyak pihak.
  2. Memerlukan perencanaan dengan persiapan yang matang.
  3. Dalam karyawisata sering unsur rekreasi menjadi prioritas daripada tujuan utama, sedangkan unsur studinya terabaikan.
  4. Memerlukan pengawasan yang lebih ketat terhadap setiap gerak-gerik anak didik di lapangan.
  5. Memrlukan biaya yang mahal.

          Menurut Roestiyah (2001:85) ,teknik karya wisata ini digunakan karena memiliki tujuan sebagai berikut: Dengan melaksanakan karya wisata diharapkan siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari obyek yang dilihatnya, dapat turut menghayati tugas pekerjaan milik seseorang serta dapat bertanya jawab mungkin dengan jalan demikian mereka mampu memecahkan persoalan yang dihadapinya dalam pelajaran, ataupun pengetahuan umum. Juga mereka bisa melihat, mendengar, meneliti dan mencoba apa yang dihadapinya, agar nantinya dapat mengambil kesimpulan, dan sekaligus dalam waktu yang sama ia bisa mempelajari beberapa mata pelajaran.

  1. Metode Problem Solving

           Metode problem solving bukan sekedar metode mengajar, tetapi merupakan suatu metode berfikir, sebab dalam metode solving dapat menggunakan metode lainnya yang dimulai dari mencari data hingga menarik suatu kesimpualan.

Kelebihan :

  1. Metode ini bisa membuat pendidikan disekolah lebih relevan dengan kehidupan
  2. Metode ini merangsang pengembangan kemampuan berpikir siswa
  3. Proses belajar mengajar melalui pemecahan masalah yang nantinya dapat membiasakan siswa dalam menyelesaikan masalah.

Kekurangan :

  1. Dalam penggunaan metode ini banyak memakan waktu
  2. Mengubah kebiasaan siswa yang belajar dengan mendengar dan menerima informasi
  3. Menentukan masalah yang tingkat kesulitannya sesuai dengan tingkat berpikir siswa
  4. Metode Tanya Jawab

          Metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi dpat pula dari siswa ke guru. Metode tanya jawab adalah yang tertua dan paling banyak dalam proses pendidikan, baik dilingkungan keluarga, masyarakat maupun sekolah.

Kelebihan

  1. Pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa, sekalipun ketika siswa tersebut sedang ribut.
  2.  Merangsang daya pikir dan daya ingat siswa.
  3.  Mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapat.

Kekurangan

  1. Membuat siswa menjadi tegang
  2. Waktu sering terbuang percuma, ketika tidak ada siswa yang menjawab pertanyaan.
  3.  Pertanyaan tidak bisa merata untuk semua siswa.

Baca Juga :