Memilih Broker

Memilih Broker

Memilih Broker

Memilih Broker
Memilih Broker

 Dengan sampainya anda pada bagian ini, tentu anda sudah lebih siap pula baik dalam modal pengetahuan dasar maupun secara mental. Tetapi jangan terburu-buru untuk melakukan transaksi. Masih ada satu langkah lagi yang harus anda lakukan, yaitu memilih broker/perusahaan sekuritas. Mengapa ini penting?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa anda tidak dapat melakukan transaksi langsung antar investor tanpa perantaraan dari broker. Selain itu, broker akan membantu anda dalam menyediakan informasi yang anda butuhkan dalam proses berinvestasi. Ada banyak broker yang terdaftar di bursa, bagaimana anda akan memilih mereka? Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan:

Bonafiditas

Mengapa ini penting? Apa yang menjadi resiko anda? Bisa saja broker anda bangkrut karena modalnya cekak. Sebagai contoh, apabila ada investor yang telah memesan pembelian saham dalam jumlah besar, pada saat penyerahan pembayaran (T+4), harga saham yang dipesan mengalami penurunan dan investor tersebut mangkir. Dalam hal ini merupakan tanggung jawab dari broker untuk menebus saham yang telah dipesan. Apabila kondisi cashflow dari broker tidak kuat, maka akan mempengaruhi kinerja dari broker anda. Karena itu, sebelum menentukan pilihan, sebaiknya anda melakukan penelitian atas latar belakang dan kondisi keuangan broker tertentu.

Pelayanan 
Bonafid saja belum cukup, apabila tidak didukung dengan pelayanan yang baik. Apa tolak ukurnya? Minimal anda harus mendapatkan informasi yang cukup dan berbobot. Apabila broker anda mempunyai tenaga analis dan sales yang handal, maka anda akan mendapatkan informasi yang cukup memadai untuk mendukung langkah investasi anda. Ingat! Informasi yang dibutuhkan berupa data fundamental perusahaan, rumor mengenai kondisi politik, kebijaksanaan perekonomian, kondisi regional dan lain lain. sangat diperlukan sebagai pertimbangan dalam mengambil tindakan. Semakin cepat anda mendapatkan informasi dibandingkan orang lain, semakin besar kemungkinan bagi anda untuk memperoleh keuntungan.

Biaya 
Tanyakan terlebih dahulu biaya apa saja yang akan dibebankan ke rekening anda dan berapa besar biaya tersebut. Secara umum biaya yang akan dibebankan ke anda adalah 0,3% untuk transaksi pembelian dan 0,4% untuk transaksi penjualan. Angka ini adalah angka patokan karena anda masih dapat melakukan negosiasi harga dengan broker anda. Disamping itu, mungkin masih ada biaya lain yang masih harus anda tanyakan, misalnya apabila transaksi anda tidak aktif, anda akan dibebankan biaya.

Batas limit transaksi 
Tanyakan pada broker anda mengenai prosedur dari perusahaannya dalam pemberian limit/plafon untuk bertransaksi. Berapa besar deposit yang perlu anda setor untuk mendapatkan plafon tersebut. Masing-masing broker umumnya mempunyai peraturan yang berbeda-beda dalam hal ini.

Setelah anda memilih broker yang sesuai dengan kondisi anda, maka anda harus membina hubungan baik dengan mereka, karena merekalah yang secara aktif mengikuti perkembangan pasar. Mungkin mereka memiliki informasi yang sangat berharga dan mereka membagikan informasi tersebut kepada anda terlebih dahulu karena hubungan yang baik.

Sumber : https://rakyatlampung.co.id/lara-croft-relic-run-apk/