Kominfo bagi urusan IKP dan APTIKA ke daerah

Kominfo bagi urusan IKP dan APTIKA ke daerah

Kominfo bagi urusan IKP dan APTIKA ke daerah

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membagi urusan informasi dan komunikasi publik (IKP) dan aplikasi informatika (APTIKA) kepada daerah.

“Untuk Kominfo ada dua hal, ada dua urusan yang dikonkurenkan, diberikan kepada daerah, yakni urusan mengenai pengelolaan komunikasi dan informasi, kedua adalah urusan mengenai APTIKA, aplikasi informatika,” ujar Direktur Tata Kelola dan Kemitraan, Dirjen IKP, Kominfo, Selamatta Sembiring di Jakarta, Rabu.

Pembagian urusan tersebut mengacu pada Undang-Undang otonomi

daerah yang mengamanatkan urusan konkuren, yaitu pemisahan urusan kepada daerah, baik provinsi, kabupaten dan kota, dari masing-masing kementerian di pusat.

Di dalam Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Sembiring mengatakan, daerah harus menyelenggarakan pengelolaan komunikasi dan informasi yang menyangkut kebijakan-kebijakan dan capaian kinerja pemerintah daerahnya.

Sembiring mengatakan terdapat 12 fungsi dasar yang harus dikerjakan kabupaten/kota, yang dianggarkan melalui APBD. Ke depan, Kementerian berupaya untuk menyediakan alokasi khusus untuk penyelenggaraan pengelolaan informasi dan komunikasi di daerah.

“Hasil observasi kita tampak bahwa banyak daerah kabupaten kota yang kesulitan anggaran

, walaupun ada juga daerah kabupaten kota yang sudah tidak ada masalah anggaran, jadi memang sangat variatif,” ujar dia.

“Jadi, memang akan kita upayakan juga melalui skema dana alokasi khusus nantinya untuk membantu mereka melaksanakan apa yang mereka lakukan itu,” lanjut dia.

Dengan pembagian urusan tersebut, dinas Kominfo bertanggung jawab

dalam pengelolaan komunikasi dan informasi kabupaten/kota, di antaranya bertanggung jawab membuat sebuah kondisi atau model agar dinas-dinas yang ada bisa berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat.

 

sumber :

https://duniapendidikan.co.id/seva-mobil-bekas/