Apakah Harga dan Fitur Yang Dimiliki Wuling Cortez CT Luxury+ Sepadan?


 

Wuling Cortez CT jadi tumpuan pabrikan untuk ruang belajar MPV 7-seater. Ia disajikan dengan banderol yang dapat dikatakan bersahabat di segmennya. Update terakhir harga Wuling Cortez CT Rp 238,5 – 290 juta. Wuling Motors memang sering melengkapi produk dengan tidak sedikit fitur. Tak kecuali Cortez CT. Fitur bawaan standarnya telah terbilang banyak. Apalagi tipe L sebagai penyandang sebutan varian tertinggi. Tapi seberapa lengkap? Apakah seimbang dengan harga yang ditawarkan?

Mesin dan Transmisi
Sebelum masuk pada kelengkapan dan bekal fitur, anda intip spesifikasi mesinnya. Berbeda dengan Cortez standar, CT menggendong mesin 4-silinder 1,5 liter DVVT (katup variabel ganda) dengan padanan turbocharger. Daya yang disemburkannya 140 hp pada 5.200 rpm dan torsi maksimal 250 Nm pada rentang 1.600 – 2.600 rpm. Menariknya lagi, varian tertinggi hanya ditawarkan satu opsi transmisi. Alih-alih i-AMT laksana saudara bermesin 1,8 liter, Wuling mencantumkan CVT guna CT. Asyiknya lagi, CVT menyokong perpindahan simulasi manual sejumlah 6-speed.

Eksterior
Sektor penerangan utama Cortez CT tipe L telah LED sepenuhnya. Lampu tersebut juga dapat menyala dan mati otomatis, serta punya fitur follow me home. Di samping headlamp, LED juga dapat dijumpai pada lampu belakang, DRL dan sein. Kelengkapan beda di eksterior, lampu kabut, wiper frameless, spion lipat elektrik, roof rail dan antena model sirip ikan hiu (shark fin). Wipernya paling praktis sebab sudah otomatis, dapat menyala dengan sendirinya kala mendeteksi cucuran air hujan pada kaca.

Estetika didongkrak dengan kromium sebagai bingkai kaca jendela samping. Kemudian terdapat roof rail untuk membawa bagasi ekstra. Desain pelek alloy canggih dengan ukuran 16 inci, dibungkus karet hitam 205/55. Paling menarik, terdapat sunroof pada tipe termahal ini. Sunroof masih sering dirasakan sebagai fitur mewah dan pastinya meningkatkan nilai kesukaan tersendiri. Oh ya, sunroof itu dapat dibuka otomatis dari luar memakai remote kunci. Termasuk pun kaca jendela. Bisa difungsikan sebagai teknik untuk melemparkan hawa panas kabin sesudah parkir di bawah teriknya matahari.

Interior
Perpaduan warna hitam dan silver menghiasi kabin Cortez CT Luxury+ dengan captain seat di tengah. Kadar kemewahan terpancar dari pemakaian material kulit sintetis untuk membalut jok dan sebanyak bagian kabin lain. Tambahkan lagi dengan ornamen panel kayu gelap, jam analog dan soft touch pada dasbor, tampak dan terasa mewah.

Headunit layar sentuh dengan permukaan lapang 8 inci. Sistem navigasi juga sudah ditenggelamkan di dalamnya. Di samping dari fitur dan koneksi standar sebagai sarana hiburan. Keluaran suara dapat lebih maksimal berkat sokongan 6-speaker. Sementara port USB terdapat untuk dinikmati penghuni di tiap baris.

Penyejuk kabin telah otomatis dan terdapat ventilasi guna baris kedua. Wuling mengklaim semburannya terasa sampai baris ketiga. Uniknya lagi, terdapat mode penghangat atau heater. Fitur tersebut sudah jarang didatangi pada banyak sekali mobil di Indonesia.

Kumpulan fitur lain tergolong keyless entry, tombol start/stop, cluster meter warna 7 inci dengan MID, tombol audio pada palang kemudi dan lampu keadaan kabin. Menambah daya kepraktisan, ada tidak sedikit kompartemen penyimpanan di penjuru kabin. Termasuk glove box, console box, pengampu gelas atau botol di konsol tengah dan laci kecil penyimpanan kaca mata. Kursi pengemudi dapat diatur secara elektrik. Sedangkan kemudi cuma dapat disetel naik atau turun (tilt).

Safety
Kompletnya fitur pun berlaku di sektor keselamatan. Ada empat airbag (dual SRS + dua airbag samping), rem ABS+EBD+BA, kendali traksi (TCS), kontrol kestabilan (ESC), rem parkir elektrik dengan auto hold dan rem cakram di tiap roda. Masih terdapat lagi hill hold control, kamera parkir mundur, sensor parkir belakang empat titik, dua titik sensor di depan, tire pressure pantauan system, seat belt reminder, ISOFIX, immobilizer dan emergency stop signal.

Simpulan
Dengan banderol tak hingga Rp 300 juta, Wuling Cortez CT tergolong komplet fitur dan mewah. Di samping itu, poin unggul dari performa jantung mekanis 1,5 liter turbo dan transmisi CVT. Tak hanya bertenaga, efisiensi bahan bakar sewajarnya dapat dikejar memakai Cortez CT Luxury+.

Sumber : https://v.gd/sevamobilbekas