Asuransi dalam Sistem Islam


Asuransi dalam Sistem Islam

Dalam bahasa arab, asuransi disebut al-Ta’mim, penanggung disebut al-Muammin, sedangkan tertanggung disebut al-Muamman Lahu atau Musta’min. Al-Ta’min diambil dari kata amana memiliki arti perlindungan, keamanan, dan bebas dari rasa takut.

Menurut Husain Hamid Hisan, asuransi atau al-Ta’mim adalah sikap ta’awun yang telah diatur sangat rapi dalam mengantisipasi suatu peristiwa. Jika sebagian mereka mengalami peristiwa, maka semuanya menolong dengan pemberian bantuan dari masing-masing peserta. Dengan pemberian bantuan, maka akan menutupi kerugian yang dialami peserta yang tertimpa musibah.

Istilah lain untuk asuransi adalah takaful yang berasal dari kata takafala-yatafakalu yang secara bahasa berarti menjamin atau saling menanggung. Takaful dalam pengertian muamalah adalah saling memikul resiko antara sesama orang atas dasar saling tolong menolong.

Menurut Muhammad Syakir Sula, Takaful dalam pengertian di atas harus didasarkan pada tiga prinsip yaitu prinsip saling bertanggung jawab, prinsip saling membantu dan bekerjasama, dan prinsip saling melindungi

Pengertian asuransi syariah seperti di atas, makin terasa nilainya jika memerhatikan firman Allah Al-Maidah ayat 2 yaitu:

Artinya : “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. “

Dengan demikian bahwa dengan adanya asuransi maka kita bisa saling tolong menolong dan meringankan beban orang yang sedang mengalami musibah.

Simpulan

Asuransi adalah jasa keuangan yang menghimpun dana masyarakat melalui pengumpulan premi asuransi, dan memberi perlindungan kepada anggota masyarakat pemakai jasa asuransi terhadap kemungkinan timbulnya kerugian karena suatu peristiwa yang tidak pasti atau terhadap hidup matinya seseorang. Macam-macam asuransi di Indonesia diantaranya adalah asuransi dwiguna, asuransi jiwa, asuransi kebakaran, asuransi atas bahaya yang menimpa anggota tubuh, dan asuransi terhadap pertanggungan sipil.

Baca juga: