Asuransi Kebakaran


Asuransi Kebakaran

Asuransi kebakaran bertujuan untuk mengganti kerugian yang disebabkan oleh adanya kebakaran. Adapun cara kerjanya yaitu tertanggung membayar premi, sedangkan pihak asuransi akan menjamin resiko yang terjadi karena terjadinya kebakaran.

  1. Asuransi atas Bahaya yang Menimpa Anggota Tubuh

Asuransi atas bahaya yang menimpa anggota tubuh ialah asuransi dimana dengan sebab-sebab tertentu mengakibatkan kerusakan pada tubuh seseorang. Asuransi jenis ini banyak dilakukan oleh buruh yang mengalami kecelakaan pada saat melakukan tugasnya.

  1. Asuransi Terhadap Pertanggungan Sipil

Asuransi terhadap pertanggungan sipil ialah asuransi yang diadakan untuk perlindungan terhadap benda-benda penting dan berharga.

Pandangan Ulama tentang Asuransi

Pendapat ulama dalam menghadapi masalah asuransi dapat digolongkan menjadi empat kelompok diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kelompok ulama fiqh yang mengharamkan asuransi, karena memiliki beberapa alasan diantaranya :
  2. Asuransi sama dengan judi, karena tertanggung mengharapkan sejumlah harta  tertentu seperti judi.
  3. Asuransi mengandung ketidkjelasan dan ketidakpastian, karena tertanggung diwajibkan membayar sejumlah premi yang telah ditentukan, sedangkan berapa jumlah yang akan dibayarkan tidak jelas.
  4. Asuransi mengandung unsur riba, karena tertanggung akan memperoleh sejumlah uang yang lebih besar daripada premi yang dibayarnya.
  5. Mengandung unsur eksploitasi, karena tertanggung kalau tidak dapat membayar preminya, uangnya bisa hilang atau dikurangi dari jumlah uang premi yang telah dibayarkan.

Sumber: https://carbomark.org/