Cara Downgrade Aplikasi Android Jika Kamu Tidak Suka Aplikasi Baru


Cara Downgrade Aplikasi Android Jika Kamu Tidak Suka Aplikasi Baru

Cara Downgrade Aplikasi Android Jika Kamu Tidak Suka Aplikasi Baru

 

Cara Downgrade Aplikasi Android Jika Kamu Tidak Suka Aplikasi Baru
Cara Downgrade Aplikasi Android Jika Kamu Tidak Suka Aplikasi Baru

Aplikasi versi terbaru terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Pengembang aplikasi juga manusia

biasa. Terkadang menambahkan fitur-fitur yang tidak disukai para penggunanya. Alih-alih membuat para pengguna aplikasinya merasa senang, justru malah menjadi malas menggunakannya.

Bukan hanya masalah fitur saja, namun juga masalah iklan. Di versi tertentu misalnya, aplikasi yang bersangkutan tidak menampilkan iklan. Namun karena berhasil mendapatkan jumlah pengguna yang banyak, sang pengembang aplikasi jadi khilaf menambahkan segudang iklan di aplikasinya.

Terkadang saya malah bingung, itu aplikasi atau website iklan baris? BBM dan ShareIt adalah dua contohnya. Awalnya dua aplikasi tersebut menampilkan iklan dengan porsi yang bisa dibilang “wajar”, namun seiring dengan pembaruan aplikasi, jumlah iklan semakin berjibun.

Downgrade Aplikasi

Jika kamu merasa bahwa tidak cocok dengan suatu aplikasi terbaru, kamu masih bisa kembali lagi ke versi sebelumnya. Atau istilahnya “Downgrade”.

APKMirror adalah salah satu website yang bisa kamu gunakan untuk mencari dan menemukan aplikasi dalam berbagai versi. Dari versi terbaru, sampai versi yang paling lawas.

Website nya pun memiliki tampilan yang sangat simpel dan mudah digunakan. Kamu tinggal mengetik nama

aplikasi di kolom pencarian, lalu APKMirror akan menampilkan aplikasi tersebut dari berbagai versi.

Jika kamu sudah menemukan versi mana yang ingin kamu gunakan, kllik download lalu simpan di smartphone android kamu. Jika sudah, buka pengaturan di smartphone kamu agar bisa menginstall aplikasi dari luar Google Play.

Jika belum tahu caranya, buka pengaturan > pengaturan lainnya > privasi > centang “sumber tidak dikenal”.

Kemudian install buka aplikasi yang tadi kamu download dari APKMirror. Tunggu sampai beberapa saat sampai proses instalasi selesai.

Selamat, kamu telah berhasil mendowngrade aplikasi.

Kesimpulan
Mendowngrade aplikasi adalah salah satu cara paling efektif untuk kamu yang tidak suka dengan update dan fitur

baru dari aplikasi favorit kamu. Jalan lainnya adalah dengan mencoba menerimanya, menggunakan aplikasi yang telah di update seperti biasa sampai kamu terbiasa.

Untuk mengantisipasi tidak ditemukannya versi aplikasi yang kamu cari di APKMirror, kamu bisa backup aplikasi dari versi tertentu agar bisa kamu gunakan lagi di masa yang akan datang. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti App Backup & Restore.

Baca Juga: