contoh konflik peradaban


BENTURAN PERADABAN ISLAM DAN BARAT

Pengertian benturan peradaban

Peradaban adalah sebuah entitas terluas dari sejarah yang teridentifikasi melalui unsur-unsur obyektif umum, seperti bahasa, sejarah, agama, kebiasaan, institusi, maupun melalui identifikasi diri yang subyektif (Samuel Huntington 2004,42)
Peradaban secara bahasa dapat diartikan sebagai al-hadhar ( tempat tinggal di suatu wilayah seperti kota). Di kalangan barat, peradaban diistilahkan dengan civilization di ambil dari kata civilis yang berarti kewarganegaraan. Istilah ini pertamakali digunakan perancis dan Inggris.
Saat masa Rennaissance atau masa pencerahan-eropa, Istilah ini kemudian dipindahkan ke dalam bahasa Arab dengan menggunakan dua ungkapan, yaitu hadhârah dan madaniyah. Namun demikian, penggunaan kedua istilah ini masih menimbulkan persoalan baru di kalangan penggunanya. Oleh karena itu, An-Nabhani kemudian menspesifikasikan penggunaan kedua istilah tersebut ke dalam bukunya Nizhâm al-Islâm. Menurut An-Nabhani, hadhârah adalah sekumpulan persepsi yang dimanifestsikan dalam perilaku tentang kehidupan.
Adapun madaniyah adalah bentuk-bentuk fisik dari benda-benda yang terindera yang digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Muhammad Husein Abdullah kemudian membagi madaniyah ke dalam dua kategori, yaitu:
a. Yang berhubungan dengan hadhârah, yaitu yang lahir dari suatu sudut pandang tertentu. Misal, rumah tidak terlepas dari hadhârah, karena seorang Muslim akan membangun rumah dengan model yang dapat menjaga aurat penghuninya, sementara orang sosialis atau kapitalis tidak akan memperhatikan hal-hal itu.
b. Yang tidak berhubungan dengan hadhârah, yaitu hasil dari ilmu pengetahuan dan industri seperti alat-alat laboratorim dan furniture. Semua ini ‘netral’ dan bersifat universal.

1. Analisis peradaban menurut Samuel huntington
Samuel Huntington membagi dunia menjadi tiga peradaban besar berdasarkan dengan budaya peradaban tersebut, yaitu
a. Peradaban barat mencakup beberapa kawasan geografik yang berdekatan dengan samudera pasifik seperti Australia , Amerika Utara dan Eropa
b. Peradaban Timur merupakan campuran peradaban penganut Buddhisme dan Hinduisme serta Peradaban sino dan jepang. Peradaban sino terdiri dari penduduk China, Korea, Taiwan, Singapura, dan Vietnam serta orang-orang cina perantauan, terutama di Asia tenggara.
c. Peradaban muslim mencakup penduduk Timur Tengah, kecuali Armenia, Siprus, Ethiopia,Georgia, Yunani, Israel, kazakhstan dan sudan.
Peradaban dapat mencakup sekekompok besar manusia dan sekeompok kecil manusi serta beberapa bangsa maupun cukup hanya satu bangsa. Satu sama lain peradaban saling melebur dan bisa mencakup sub-sub peradaban. Peradaban juga bersifat dinamis ( naik dan turun), serta terbelah dan menyatu.
Di masa depan masing-masing peradaban akan melakukan hubungan timbal-balik. Interaksi inilah yang menyebabkan terjadinya konflik antar peradaban. Berikut alasan yang menjelaskan mengapa benturan peradaban sangat mempengaruhi politik di masa depan.
a. Perbedaan antar peradaban itu nyata dan mendasar, seperti perbedaan bahasa, sejarah dan kebudayaan.
b. Dunia menjadi sebuah tempat yang kecil. Hal menyebabkan meningkatnya interaksi antar peradaban yang menimbulkan kesadaran adanya perbedaan yang pada akhirnya menimbulkan permusuhan.
c. Proses modernisasi dan perubahan sosial yang terjadi di seluruh dunia memisahkan manusia dengan identitas bangsanya sehingga membuat bangsa-bangsa tersebut melemah.
d. Dominasi peran barat menimbulkan reaksi de- westernisasi di dunia non barat
e. Perbedaan budaya tidak mudah di satukan di banding perbedaan politik dan ekonomi.
f. Kesadaran peradaban bukan alasan utama terbentuknya regionalisme politik atau ekonomi.


Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/