Definisi Kliring


Definisi Kliring

Definisi Kliring

Definisi Kliring

Dewasa ini, di era globalisasi, masyarakat dituntut semakin cepat dan praktis dalam melaksanakan semua kegiatannya. Kegiatan manusia yang akan saya tuliskan kali ini adalah kecepatan transaksi dalam melakukan pengiriman uang atau yang disebut juga Kliring. Kliring adalah suatu cara melakukan transaksi berkirim uang dengan cara mengurangkan/menambahkan saldo rekening suatu bank di BI untuk memudahkan dan memperlancar sistem pembayaran suatu transaksi. Kliring diharapkan mengurangi pembayaran transaksi dengan menggunakan uang tunai atau surat berharga.

  • Menurut Peraturan Bank Indonesia No. 1/3/PBI/1999 perihal Penyelenggaraan Kliring Lokal dan Penyelesaian Akhir Transaksi Pembayaran Atas Hasil Kliring Lokal dalam Desi (2010), Kliring adalah pertukarn warkat atau data keuangan elektronik antarbank (DKE), baik atas nama bank maupun nasabah yang hasil perhitungannya diselesaikan pada waktu tertentu.
  • Menurut Kasmir (2010:151) dalam Desi (2010), mendefinisikan Kliring sebagai jasa penyelesaian hutang-piutang antar bank dengan cara saling menyerahkan warkat-warkat yang akan dikliringkan di lembaga kliring.

Kliring itu sendiri hanya sebuah sistem dan butuh sebuah lembaga untuk menjadi wadah untuk mengatur semua lalu lintas transaksi yang terjadi. Definisi Lembaga Kliring adalah tempat berkumpulnya semua anggota perwakilan dari bank anggota kliring yang ditugaskan untuk melakukan perhitungan, pelunasan dan pertukaran warkat-warkat kliring. Lembaga itu sendiri di Indonesia adalah Bank Indonesia.

 Tujuan Kliring

Seperti yang kita ketahui, Kliring itu sendiri bertujuan untuk memudahkan transaksi manusia dalam melakukan transaksi pembayaran, baik antarbank maupun antar nasabah didalam negeri, maupun luar negeri. Menurut Desi (2010), berikut tujuan kliring antara lain :

  • Untuk memajukan dan memperlancar lalu lintas pembayaran giral antar bank.
  • Agar perhitungan penyelesaian hutang pituang dapat dilaksanakan lebih mudah, aman dan efisien
  • Sebagai salah satu pelayanan bank kepada nasabahnya, terutama dalam hal keamanan dan biaya yang dikeluarkan.

Mekanisme Kliring

            Pada setiap negara, terjadi tranksaksi keuangan setiap saat guna memudahkan aktivitas manusia dalam hal pembayaran. Setiap negara mempunyai mekanisme kliring yang berbeda-beda tergantung dari Kebijakan pada bank sentralnya, namun pada dasarnya semua kliring melalui mekanisme seperti ilustrasi dibawah ini :

Sumber :

https://urbanescapesusa.com/