Hak atas benda jaminan


Hak atas benda jaminan

  1. Jaminan Hutang

Hubungan hutang piutang antara debitur dan kreditur sering disertai dengan jaminan. Jaminan itu dapat berupa benda maupun orang. Dengan adanya benda jaminan ini kreditur mempunyai hak atas benda jaminan untuknpelunasan piutangnya apabila debitur tidak membayar hutang. Hak kebendaan yang bersifat memberi jaminan selalu tertuju pada benda orang lain, baik benda bergerak maupun benda tidak bergerak. Jika benda yang menjadi obyek jaminan itu bergerak dinamakan gadai (Pand) dan apabila tidak bergerak dinamakan Hipotik.

  1. Hak Gadai

Gadai yaitu suatu hak yang diperoleh kreditur atas suatu benda bergerak, yang diberikan kepadanya oleh debitur atau orang lain atas debitur sebagai jaminan pembayaran dan pemberian hak kepada kreditur untuk mendapatkan pembayaran lebih dahulu daripada kreditur-kreditur lainnya atas hasil penjualan benda jaminan (pasal 1150 BW). Unsur terpenting dari hak gadai adalah bahwa benda yang dijaminkan harus berada dalam kekuasaan pemegang gadai (pasal 1152 BW). Namun penguasaan benda oleh pemegang gadai bukan untuk menikmati, memakai dan memungut hasil, melainkan hanya untuk menjadi jaminan pembayaran hutang.

Obyek dari hak gadai adalah benda bergerak meliputi benda berwujud dan benda tidak berwujud berupa hak untuk mendapatkan pembayaran uang yang berwujud surat-surat berharga.Subyek hak gadai seperti halnya perbuatan-perbuatan yang lain, memberi dan menerima hak gadai hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang cakap untuk melakukan perbuatan hukum. Dan bagi pemegang gadai berhak mengasingkan (menjual, menukar, mengibahkan) barang yang digadaikan.Cara mengadakan hak gadai berasarkan atas suatu perjanjian antara kreditur dan debitur. Perjanjian itu dapat dilakukan dengan tertulis (otentik dibawah tangan) dan dapat dibuat secara lisan (pasal 1151 BW). Setelah itu penyerahan benda yang digadaikan. Sebab-sebab hapusnya hak gadai:

ü  karena hapusnya perjanjian,

ü  perintah pengembalian benda lantaran penyalahgunaan dari pemegang gadai.

ü   barangnya dikembalikan sendiri oleh pemegang gadai kepada pemberi gadai,

ü  pemegang gadai menjadi pemilik benda yang digadaikan,

ü  karena dieksekusi oleh pemegang gadai,

ü  karena lenyapnya benda,

ü  karena hilangnya benda.

 

https://wisatalembang.co.id/hidden-fountain-apk/