Inilah Biaya Perbaikan Mobil Yang Terkena Water Hammer


Water hammer adalah istilah di dunia otomotif dimana situasi air dengan jumlah yang cukup tidak sedikit masuk ke dalam ruang mesin dan mengganggu proses pembakaran yang terjadi sehingga menciptakan mesin terganggu. Biasanya situasi water hammer terjadi dampak mobil dipaksa guna menerjang banjir.

Jika telah dalam situasi seperti ini, maka usahakan kita segera pergi ke bengkel mobil terdekat untuk mengerjakan servis, khususnya untuk servis mesin dan sejumlah komponen beda di dalamnya.

Seperti diketahui, mesin mobil terdiri dari sejumlah komponen urgen yang butuh diperhatikan supaya performa mobil tetap dalam situasi prima, laksana blok silinder, piston, setang piston, klep sampai kruk as.

Jika mobil kita dalam situasi seperti itu, maka komponen-komponen di ataslah yang seringkali menjadi korban. Lalu berapakah ongkos yang kita butuhkan untuk membetulkan mesin mobil yang terkena situasi tersebut?

Triyono, empunya bengkel mobil yang berada di distrik Bekasi menuliskan bahwa ongkos yang diperlukan untuk mengatasi situasi tersebut sangatlah besar.

“Kalau ongkos yang butuh dikeluarkan guna mesin mobil yang laksana itu dapat seperti beli motor baru tipe matik lah,” ucap Tri.

“Kurang lebih guna kisaran harga perbaikannya mulai dari Rp 10 juta sampai Rp 30 jutaan. Ini guna mesin mobil Nissan, laksana Juke, Livina, sampai Serena,” ucap Tri lagi.

Namun ongkos tersebut dapat menjadi lebih banyak tergantung dari kehancuran yang terjadi. Jika semakin tidak sedikit komponen yang merasakan keruskan, maka semakin besar pula ongkos yang butuh Anda keluarkan.

“Efek yang dimunculkan sendiri seringkali terjadi pada seluruh silinder. Jika airnya terisap cukup tidak sedikit dan putaran mesinnya lumayan tinggi, maka efeknya dapat jadi semakin berbahaya,” ungkap Tri.

Bahkan menurut keterangan dari Triyono, andai kerusakan telah terlalu parah laksana blok silinder pecah, maka Anda mesti mengubah mesinnya dengan mesin yang baru.

“Kalau hingga kondisinya paling parah, ya usahakan sih diganti dengan satu set mesin yang baru. Soalnya bila mau dibetulkan pun sia-sia saja,” pungkas Tri.

Biaya yang butuh Anda keluarkan guna mengubah satu set mesin teranyar pun lumayan mahal, bahkan dapat lebih dari Rp 30 jutaan. Karena itu, usahakan kita sebelum menerjang banjir usahakan beranggapan dua kali supaya mesin tidak kemasukan air yang mengakibatkan terjadinya water hammer. Sumber: http://url.ie/17i2m