Keadilan Pendidikan


Keadilan Pendidikan
  1. Table of Contents

    Keadilan Pendidikan

Keadilan Pendidikan

Keadilan sendiri disini masih diperdebatkan karena keadilan bagaimanakah yang dimaksudkan adil dalam konteks keadilan pendidikan ini oleh semua kalangan pihak. Keadilan atau ketidakadilan pendidikan dapat diindikasikan dari belum samanya kesempatan yang diberikan serta kurang dimanfaatkannya dengan baik. Misalnya anak-anak yang ada perkotaan lebih mendapatkan pendidikan yang baik dan bermutu daripada anak-anak yang berada dipedesaan yang mengalami kekurangan baik dari segi fisilitas, sarana dan prasarana serta tenaga profesional pendidikan. Sehingga hal tersebut mempengaruhi hasil atau output  dari lulusan yang dibentuk.

  1. Efisiensi

Efisiensi merupakan masalah yang sangat krusial bagi negara berkembang. Karena keterbatasan sumber daya yang dimiliki baik sumber daya manusia yang profesional maupun sumber daya lainnya. Di negara berkembang kurang dapat menggunakan sumber daya secara efisien ke dalam perumusan, perencanaa, dan pembuatan kebijakan pendidikan. Telah banyak dilakukan eksperimentasi mengenai problema efisiensi, tetapi tidak ditemukan bahwa persoalan efisiensi ini bisa dipecahkan sesuai dengan yang diharapkan.

  1. Masalah Relevansi

Seperti saat ini dunia mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat pesat sehingga manusia dituntut untuk meningkatkan aspirasi dan harapan yang tinggi sehingga dapat mencapai perubahan. Problema relevansi pendidikan dengan ketersediaan lapangan pekerjaan merupakan masalah utama yang masih belum terselesaikan. Oleh karena itu, penyusunan program-program yang berkaitan dengan lapangan pekerjaan dipandang begitu mendesak. Solusi yang dapat diambil bagi pembuat kebijakan yaitu dengan adanya pendidikan kewirausahaan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi mereka yang belum mendapatkan pekerjaan.

sumber :