KEDUDUKAN PRESIDEN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DAN WEWENANG


KEDUDUKAN PRESIDEN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DAN WEWENANG

KEDUDUKAN PRESIDEN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DAN WEWENANG

KEDUDUKAN PRESIDEN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DAN WEWENANG

Di Indonesia presiden memiliki peran

sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Hal ini berdasarkan sistem pemerintahan yang diterapkan di Indonesia yaitu sistem pemerintahan presindensiil.

Sebagai seorang kepala negara artinya presiden memiliki beberapa hak politis yang sudah disepakati dan disahkan dalam konstitusi negara. Berdasarkan konstitusi yang membatasi hak politis kepala negara tersebut maka di setiap bentuk negara yang berbeda entah itu republik, federasi monarki atau persekutuan akan memiliki peranan yang berbeda.

Pada bentuk negara republik, kepala negara merupakan seorang presiden yang dipilih langsung oleh rakyat ataupun dipilih oleh parlemen. Contoh negara dengan kepala negara seorang presiden adalah Indonesia, Amerika Serikat dan Singapura. Sedangkan pada bentuk negara kerajaan kepala negara merupakan seorang raja yang kedudukannya akan digantikan oleh keturunannya. Hal ini berarti seorang raja hanya dapat berasal dari keluarga kerajaan. Contoh negara dengan kepala negara seorang raja adalah Inggris, Malaysia, dan Saudi Arabia. Secara garis besar berdasarkan sifatnya kepala negara dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

• Kepala negara Simbolis, yaitu kepala negara yang dalam konstitusi tidak diberikan hak prerogatif dan hak politik. Kepala Negara Simbolis tidak memiliki wewenang untuk mencampuri masalah pemerintahan eksekutif maupun legislatif. Umumnya kepala negara simbolis dimiliki oleh negara dengan bentuk pemerintahan parlementer dimana urusan pemerintahan sepenuhnya dipimpin oleh perdana menteri.

• Kepala negara Populis, yaitu kepala negara yang dalam konstitusi diatur untuk memiliki hak prerogatif dan hak politik. Kepala negara ini memiliki wewenang untuk ikut mencampuri urusan pemerintahan eksekutif dan legislatif. Kepala negara populis memiliki wewenang yang banyak apabila kepala pemerintahan negara tersebut berupa Presiden atau Perdana menteri dengan sistem pemerintahan berupa semi-presindensiil atau presindensiil.

Sebagai seorang kepala pemerintahan artinya presiden memiliki hak dan kewajiban untuk mengatur serta memastikan berjalannya tugas pemerintahan suatu negara sebagai sebuah lembaga eksekutif. Dalam sistem presidensiil dan monarki umumnya jabatan kepala pemerintahan dan kepala negara dipegang oleh orang yang sama. Negara dengan sistem pemerintahan dipimpin presiden adalah Indonesia dan Amerika Serikat, sedangkan negara dengan sistem pemerintahan dipimpin oleh raja adalah Brunei Darussalam dan Saudi Arabia.

Sedangkan pada negara dengan sistem pemerintahan parlementer yang bertugas sebagai kepala pemerintahan berbeda dengan kepala negara, sehingga bukan dipimpin oleh presiden atau raja melainkan perdana menteri yang berwenang mengatur pemerintahan. Negara dengan sistem pemerintahan dipimpin oleh perdana menteri contohnya adalah Inggris dan Singapura. Untuk menjalankan tugasnya mengatur pemerintahan, umumnya Kepala Pemerintahan dibantu oleh kabinet menteri dalam bidang yang berbeda-beda. Di Indonesia kabinet menteri dipilih dan disahkan langsung oleh presiden yang menjabat.


Sumber: https://www.tokomodemku.co.id/weather-timeline-apk/