KESAMAAN DERAJAT


KESAMAAN DERAJAT

            Kesamaan derajat dan isi jaminan oleh undang-undang. Kesamaan derajat ini terwujud dalam jaminan hak yang diberikan dalam berbagai sector kehidupan. Hak inilah yang yang banyak dikenal dengan Hak Asasi Manusia.

    Persamaan hak

           Adanya kekuasaan Negara seolah-olah hak individu lambat-laun dirasakan sebagai suatu yang mengganggu, Karen di mana kekuasaan itu berkembang, terpaksalah ia memasuki lingkungan hak manusia pribadi dan berkuranglah pula luas batas hak-hak yang dimiliki individu tu.

           Mengenai persamaan hak ini selanjutnya dicantumkan dalam pernyataan sedunia tentang hak-hak (asasi)manusia atau universitas declaration of human right (1948) dalam pasal-pasalnya, seperti dalam:

Pasal 1: “sekalian orang dilahirkan merdeka dan mempunyai martabat dan hak yang sama. Mereka dikaruniai akal dan budi dan hendaknya bergaul satu sama lain dalam persaudaraan.”

Pasal 2 ayat 1 : “ setiap orang berhak atas semua hak-hak dan kebebasan-kebebasan yang tercantum dalam pernytaan ini dengan tak ada kecuali apapun, seperti misalnya bangsa, warna, jenis kelamin, bahasa, agama, politik, atau pendapat lain, asal mula kebangsaan atau kemasyarakatan, milik, kelahiran ataupun kedudukan.”

  1. ELITE DAN MASSA
  2. ELITE

                        Elite adalah suatu minoritas pribadi-pribadinyang di angkat untuk melayani suatu kolektifitas dengan cara yang bernilai social. Dalam pengertian umum elite itu menunjukkan sekelompok orang yang dalam masyarakat menempati kedudukan tinggi. Dalam cara pemakaiannya yang lebih umum elite dimaksudkan: “ posisi didalam masyarakat di puncak struktur-struktur social yang terpenting, yaitu posisi tinggi di dalam ekonomi, pemerintahan aparat kemiliteran, politik, agama, pengajaran, dan pekerjaan-pekerjaan dinas.”

Fungsi elite dalam memegang strategi:

                        Dalam suatu kehidupan social yang teratur, baik dalam konteks luas maupun yang lebih sempit selalu ada kecenderungan untuk menyisihkan satu golongan tersendiri sebagai satu golongan yang penting, memiliki kekuasaan dan mendapatkan kedudukan yang terkemuka jika di bandingkan dengan massa. Penentuan ini berdasarkan penghargaan masyarakat terhadap peranan yang di lancarkan.

Ada 2 kecenderungan yang digunakan untuk menentukan elite dalam masyarakat itu:

  1. Menitikberatkan pada fungsi social
  2. Pertimbangan-pertimbangan yang bersifat moral