Macam-macam Media Pendidikan Islam


 Macam-macam Media Pendidikan Islam

 Macam-macam Media Pendidikan Islam

 Macam-macam Media Pendidikan Islam

Media pendidikan merupakan alat untuk memproses pendidikan yang bisa menunjang terlaksananya pendidikan, karena alat tersebut mempunyai fungsi sebagai pembantu untuk memvisualisasikan materi yang dibahas sehingga verbalisme dapat dikurangi (audio visual aids)=AVA. Dengan singkat media sering kali disebut alat pengajaran dan akhirnya media atau alat-alat yang di pakai untuk memperoleh  gambaran tentang taraf pencapaian tujuan pendidikan. Dari beberapa literatur tidak terdapat perbedaan pengertian alat dan media pendidikan. Secara global media pendidikan meliputi:

  1. Alat, yaitu fasilitas-fasilitas dan sarana yang bisa menunjang dan melengkapi pendidikan termasuk bangunan atau gedung sampai alat-alat bantu yang dibutuhkan untuk memperjelas dan mencoba untuk mengetahui, menganalisa serta mempraktikan teori tertentu (AVA).
  2. Kelembagaan, seperti organisasi sosial dan pendidikan yang berguna untuk mengembangkan dan membina individu sehingga terjadi proses interaksi antar individu dengan individu yang lainnya.
  3. Perilaku, yaitu suatu tindakan untuk mempengaruhi dan memberi contoh atau melaksanakan sesuatu yang telah ditetapkan.
  4. Alam semesta, sebagai lingkungan yang mempengaruhi individu juga merupakan media yang dapat membantu proses pendidikan di samping sebagai bahan atau materi pelajaran yang perlu dipelajari dalam hubungannya dengan konteks materi secar luas.
  5. Situasi, media ini lebih dikenal perananya dalam rangka menciptakan kondisi yang dapat melahirkan sugesti ataupun konflik atau antipati terhadap suatu materi pendidikan.
  6. Kultur, terdiri dari sistem norma, idea, pola perilaku dan produk budaya yang bersifat konsep maupun yang bersifat karya budaya dapat menjadi materi pendidikan yang ditransformasikan kepada generasi-generasi berikutnya.[1]

Menurut Zajkiah Derajat, alat atau media pendidikan yang berupa benda meliputi:

  1. Media tulis, al-Quran, Hadits, Tauhid, Fiqh, Sejarah.
  2.  Benda-benda alam seperti hewan, manusia, dan tumbuh-tumbuhan dan sebagainya.
  3. Gambar-gambar yang dirancang seperti grafik .
  4.  Gambar yang diproyeksikan, seperti video, transparan, dan lain-lain.
  5. Audio recording (alat untuk mendengar) seperti kaset, tape, radio.

Senada dengan pendapat Zakiah Darazat, Oemar Hamalik menyebutkan secara umum alat pendidikan secara materiil terdiri dari:

  1. Bahan-bahan cetakan atau bacaan, dimana bahan-bahan ini lebih mengutamakan kegiatan membaca atau penggunaan simbol-simbol kata dan visual.
  2. Alat-alat audio visual yakni alat-alat yang dapat digolongkan pada.
  3. Alat tanpa proyeksi seperti papan tulis dan diagram.
  4. Media pendidikan tiga dimensi seperti benda asli peta.
  5. Alat pendidikan yang menggunakan teknik seperti radio, tape recorder, transparansi, infocus, internet.
  6. Sumber-sumber masyarakat, seperti objek-objek peninggalan sejarah. Kumpulan benda-benda (material colektion), seperti dedaunan, benih, batu, dan sebagainya.

Sedangkan alat pendidikan yang bukan benda meliputi:

  1. Keteladanan.
  2. Perintah atau larangan.
  3. Ganjaran dan hukuman.
  4. Kekurangan dan Kelebihan Media Pendidikan Islam

Meskipun dalam penggunaannya jenis-jenis teknologi dan media sangat dibutuhkan guru dan siswa dalam membantu kegiatan pembelajaran, namun secara umum terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya. Diantara kelebihan atau kegunaan media pembelajaran yaitu:

 

https://ijateng.id/zombie-defense-apk/