MANFAAT PENDAPATAN NASIONAL


MANFAAT PENDAPATAN NASIONAL

MANFAAT PENDAPATAN NASIONAL

MANFAAT PENDAPATAN NASIONAL

Menghitung pendapatan nasional

memiliki beberapa manfaat untuk sebuah pemerintahan. Data tersebut akan dihasilkan untuk beberapa hal di bawah ini :

Data dari penghitungan pendapatan nasional juga dapat digunakan untuk mengetahui serta menganalisis struktur perekonomian sebuah negara. Kemudian, hasil dari perhitungan pendapatan nasional tersebut dapat digunakan untuk menentukan akan ke mana perekonomian bergerak.

Selain dapat menganalisis struktur perekonomian sebuah negara, dengan menghitung pendapatan nasional juga bisa membandingkan perekonomian, mulai dari daerah hingga negara satu dengan negara yang lainnya. Hal ini tentunya sangat penting bagi sebuah negara atau daerah untuk menghitung pendapatan nasional.

Dengan menghitung pendapatan nasional, akan terlihat apakah ada kenaikan maupun penurunan perekonomian setiap tahunnya. Hal ini juga akan memengaruhi bagaimana struktur ekonominya, apakah ada perubahan atau tidak. Kemudian dapat dikaitkan dengan berbagai faktor, misalnya jumlah penduduk dan dikaitkan dengan pendapatan per kapita.

Adanya data dari pendapatan nasional juga dapat membantu merumuskan kebijakan suatu negara atau pemerintah. Adanya peningkatan maupun penurunan jelas akan dijadikan acuan untuk kebijakan pemerintah di kemudian hari, terutama untuk peningkatan atau penurunan nilai barang atau jasa yang ada di negara atau daerah tersebut.

Dari pendapatan nasional juga akan diketahui tingkat kemakmuran masyarakat yang ada di negara tersebut dan mengetahui penggunaan pendapatan masyarakat. Dalam menentukan pendapatan nasional suatu negara, penghitungannya cukup sulit dikatakan akurat. Hal ini karena sangat dipengaruhi oleh data yang dikumpulkan pertahunnya. Namun, hal ini tetap digunakan sebagai tolak ukur.

Adanya pendapatan nasional, manfaat lain yang didapat adalah mengetahui sektor bisnis atau industri yang berkecimpung. Kemudian, dari data tersebut akan terlihat apa saja yang memengaruhi hasil dari pendapatan nasional. Mana dari beberapa sektor yang menghasilkan pendapatan nasional terbesar dan paling menguntungkan.

Setelah melihat mana-mana saja sektor yang memungkinkan menguntungkan atau menyumbangkan hasil terbesar untuk pendapatan nasional, maka negara akan mengambil kebijakan. Nah, biasanya kebijakan tersebut akan membuat sektor tersebut dioptimalkan dengan baik. Sehingga hal ini akan menaikkan perekonomian negara.

Dari data penghitungan pendapat nasional ini juga akan diketahui negara tersebut termasuk kategori negara apa. Hal ini karena suatu negara biasanya dilabeli sesuai dengan kontribusi sektor terbesar dari negara tersebut. Beberapa kategori yang biasa diberikan yakni ada negara minyak, negara agraris, negara industri, negara maju, ataupun negara yang berkembang.

United Nation atau Persatuan Bangsa Bangsa sendiri membagi negara menjadi 11 bagian sektor usaha yang optimal. Ada negara industri pengolahan, negara dengan sektor listrik, gas, dan air minum yang melimpah, negara yang memiliki banyak bangunan, kemudian negara yang maju sektor perdagangan, hotel, dan restoran, kemudian negara dengan tingkat sewa rumah yang tinggi.

Lalu ada negara dengan sektor pertanian, peternakan, kehutanan,dan perikanan yang unggul. Terdapat juga negara dengan pemerintah dan pertahanan yang baik, negara dengan pengangkutan komunikasi yang maju, negara dengan banl dan lembaga keuangan yang unggul, kemudian negara dengan pertambangan dan penggalian yang melimpah ruah.

Misalnya, seperti negara kita, negara Indonesia yang dilihat dari pendapatan nasional miliknya terlihat bahwa negara ini memiliki kemajuan di bidang agraris. Sehingga, hal ini jelas membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang disebut dengan negara agraris berdasarkan kontribusi sektor yang paling besar di negara.

Nah, kemudian contoh lain seperti negara Amerika Serikat, memiliki banyak atau lebih kontrobusi sektor dalam industrinya. Sehingga disebut juga dengan negara industri. Sama seperti halnya negara di Jepang sana. Penghitungan pendapatan nasional menunjukkan bahwa negara ini memiliki sektor yang optimal di bidang industrinya.

Adanya penghitungan pendapatan nasional juga dapat membandingkan perekonomian sebuah negara yang satu dengan negara yang lainnya. Misalnya saja kita dapat membandingkan pendapatan per kapita antara negara Jepang dengan negara Tiongkok. Perbandingan ini berguna untuk melihat seberapa jauh suatu negara berada lebih maju atau bahkan lebih tertinggal dibandingkan dengan negara lainnya.

Melihat adanya perbandingan negara berada lebih maju maupun lebih tertinggal dengan negara lainnya, tentu akan memengaruhi lagi kebijakan ekonomi yang berlaku di negara tersebut. Akan didorong sektor-sektor atau bidang-bidang yang dilihat memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatan nasional yang ada di negara tersebut.

Untuk pendapatan nasional sendiri, terdapat tokoh-tokoh yang ada di belakangnya, salah satunya adalah Sir William Petty. Sosok ekonom asal Inggris ini ia cetuskan dengan penghitungan pendapatan nasional yang terkenal hingga belahan dunia. Ia bersikeras untuk menemukan cara yang paling mudah serta efektif untuk menghitung pendapatan nasional.


Sumber: https://www.tokoislam.co.id/twd-zombie-evolution-apk/