Pengaruh Kayu terhadap Pendapatan Masyarakat


Pengaruh Kayu terhadap Pendapatan Masyarakat

Hutan rakyat menghasilkan manfaat lingkungan yang tinggi. Masyarakat hutan rakyat kayu adalah masyarakat yang memiliki usaha lain atau pekerjaan lain. Masyarakat yang memiliki lahan luas, mengelola sebagian lahannya untuk usaha pertanian dan sebagian lainnya untuk hutan rakyat kayu.

Usaha pertanian untuk mencukupi kebutugan sehari-hari, sedangkan hutan rakyat kayu berfungsi sebagai tabungan. Usaha ini sedang dalam tingkat pertumbuhan sehingga dapat dikembangkan dalam skala luas tanpa menimbulkan jatuhnya harga kayu (Azami, 2018).

Sebagian besar masyarakat hutan rakyat 61,67% memasarkan hasil kayunya ke pengepul. Pembeli yang mendatangi pemilik kayu rakyat, kemudian pembeli yang melakukan pengangkutan kayu rakyatnya. Biaya pemanenan dan pengakutan ditanggung oleh pembeli sehingga masyarakat mendapatkan pendapatan bersih. Menurut Azami (2018) bahwa masyarakat lebih suka memasarkan kayunya dengan sistem ini karena lebih praktis dan tidak perlu mengeluarkan biaya banyak.

4. Pengaruh Jenis Tanaman terhadap Kesesuaian Lahan

Kesesuain lahan adalah tingkat kecocokan sebidang lahan untuk pengenuaan tertentu. Kesesuain lahan tersebut dapat dinilai untuk kondisi saat ini (kesesuaian lahan aktual) atau setelah diadakan perbaikan (kesesuaian lahan potensial). Pemilihan komoditas dalam pembangunan hutan rakyat tentunya memerlukan landasan ilmiah agar dapat memberikan manfaat ekonomi dan tetap positif terhadap lingkungan.

Pemilihan jenis tanaman berdasarkan perkiraan dapat menimbulkan kesalahan yang potensial dan menimbulkan kerugian dalam pembangunan hutan. Jenis yang bernilai ekonomi tinggi belum tentu dapat tumbuh baik pada suatu lahan jika belum diketahui tingkat kesesuaian lahan.

Oleh karena itu pemilihan jenis tanaman disesuaikan dengan kondisi biofisik hutan rakyat. Informasi jenis tanaman yang tumbuh baik di sekitar hutan rakyat menjadi bahan pertimbangan untuk menjadi jenis tanaman potensial yang akan ditanam (Azami, 2018).

5. Pengaruh Hama terhadap Pertumbuhan Tanaman

Kaidah pemeliharaan hutan rakyat (pemupukan, penyiangan, penjarangan dan pengendalian hama penyakit) yang baik tersebut, umumnya tidak diikuti oleh masyarakat yang memandang hutan rakyat sebagai tabungan atau usaha sampingan.

Kegiatan pemberantasan hama dan penyakit dilakukan dengan tujuan mencegah terhadap serangan hama dan penyakit supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik. Sebagian besar masyarakat menyatakan bahwa setiap jenis tanaman pernah diserang hama, mesipun sudah dilakukan pencegahan. Masyarakat memiliki persepsi baik terkait aspek tersebut dengan skor persentase persetujuan 78,00% dan 74,33% (Azami, 2018).

Sumber: https://andyouandi.net/konten-porno-tidak-bisa-diblokir-total/