Pengertian Manajemen


Pengertian Manajemen

Secara etimologi, manajemen berasal dari bahasa Inggris to manage sinonim to hand berarti mengurus, to control (memeriksa), to guide berarti memimpin. Sedangkan secara terminologi, pengertian manajemen adalah ilmu dan seni dalam upaya memanfaatkan sumber daya manusia dan daya lain dalam kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengawasi, yang dilakukan secara efektif dan efisien dengan melibatkan peran seluruh anggota secara aktif dalam mencapai tujuan yang ditentukan.[1]

  1. Fungsi Manajemen
  2. Planing

perencanaan merupakan penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Tindakan yang harus dicapai menggunakan metode 5W+1H.

  1. Organizing

organizing merupakan kerja sama antara dua orang atau lebih dengan terstruktur dalam mencapai tujuan tertentu.

  1. Leading

Leading merupakan kegiatan pengambilan keputusan, melakukan komunikasi agar saling pengertian, semangat memberi inspirasi agar dapat bertindak, dan memilih orang yang menjadi anggota kelompoknya dengan memperbaiki pengetahuan dan sikap mereka agar terampil dalam usaha mencapai tujuan yang diharapkan.

  1. Directing/comanding

Merupakan usaha pemberian bimbingan saran, perintah, atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas, sehingga mereka dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

  1. Motivating

Kegiatan pemberian inspirasi semangat dan dorong kepada seluruh karyawan sesuai tujuan yang telah ditetapkan.

  1. Coordinating

Pengoordinasian merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, perselisihan, kekosongan kegiatan, dengan cara menghubungkan, menyatukan, dan menyelaraskan pekerjaan semua karyawan agar mereka dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

  1. Controling

Kegiatan penilaian, koreksi terhadap segala hal yang telah dilakukan oleh karyawan, sehingga dapat dilakukan perbaikan menuju jalan yang benar sesuai tujuan yang telah ditetapkan.

  1. Evaluating

Kegiatan penilaian terhadap semua kegiatan untuk menemukan indikator penyebab keberhasilan atau kegagalan kegiatan tersebut, sehingga dapat dijadikan kajian untuk kegiatan berikutnya.

  1. Reporting

Penyampaian perkembangan hasil kegiatan dan hal-hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.

  1. Staffing

Penyusunan personalia pada suatu organisasi mulai dari rekrutmen, pengembangan, sampai promosi, sehingga setiap karyawan dapat berdaya guna dalam organisasi.

  1. Budgetting

Kegiatan perencana pembiayaan, sumber biaya, cara penggunaan, pelaksana pembiayaan kegiatan, pola pembukuan, pertanggungjawaban dan pengawasan.

  1. Actuiting

Kegiatan untuk menggerakkan dan mengupayakan agar para karyawan melakukan tugas dan kewajibannya.

  1. Forcasting

Permalan, memproyeksi, dan melakukan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadinya sebelum rencana yang lebih pasti dilakukan.

Sumber :

https://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/apple-kini-mungkinkan-pengguna-berdonasi-lewat-itunes/