Pengertian Penelitian Eksperimen


Pengertian Penelitian Eksperimen

Pengertian Penelitian Eksperimen

Pengertian Penelitian Eksperimen

Hakekat penelitian eksperimen (experimental research) adalah

meneliti pengaruh perlakuan terhadap perilaku yang timbul sebagai akibat perlakuan. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang dilakukan untuk
mengetahui akibat yang ditimbulkan dari suatu perlakuan yang diberikan secara sengaja oleh peneliti. Sejalan dengan hal tersebut

Metode penelitan eksperimen adalah metode penelitian yang digunakan untukmencaripengaruhperlakuantertentutertentuterhadap yang lain dalamkondisi yang terkendalikan. Contohnya, dalam bidangbidang fisika penelitian- penelitian dapat menggunakan desain eksperimen karena variable-variabel dapat dipilih dan variable lain dapat mempengaruhi proses eksperimen dan dapatdipilih dan variable lain dapatmemengaruhi proses eksperimen dan dapat di control secara tepat.

Misalnya mencari pengaruh panas terhadap mulai Panjang suatu benda. Dalamhal variable panas dan muaid Panjang suatubenda. Dalam hal variable panas dan muaid Panjang dapat di ukursecarateliti dan penelitian di lakukan di laboratoriumsehinggapengaruh –pengaruh variable lain dariluardapatdikontrol. Sedangkandalampenelitian social husussnya Pendidikan, desaineksperimen yang di gunakan untuk penelitian akan sulit mendapatkan hasil yang akurat, karena dapat variable luar yang berpengaruh dan sulit mengonterolnya. Misalnya mencari pengaruh metode kontektual terhadap hasil belajar matematika.

Penelitianeksperimen (experimental research) adalah kegiatan penelitian yang bertujuan untuk menilai pengaruh suatu perlakuan / tindakan / treatment terhadap tingkah lakusuatu objek atau mengujuhi potensi tentang ada tidaknya pengaruh tindakan itu bila dibandingkan dengant indakan lain. Berdasarkan hal tersebut maka tujaan umumpenelitian eksperimen adalah untuk meneliti pengaruh dari suatu perlakuan tentu terhadap suatu gejala kelompok tentu di bandingkan dengan kelompok lain yang menggunakanperlakuan yang berbeda misalnya, suatu eksperimen di masukkan untuk menilai/ membuktikan pengaruh perlakuan Pendidikan (pembelajaran dengan metode pemecahan masalah) terhadap perestasi belajar matematika pada siswa SMA atau ntuk menguji hipotesis tentang ada tidaknya pengaruh pelaku tersebut bila dibandingkan dengan metode pemahaman konsep. Tindakan di dalam eksperimen disebut treatment, dan diartikansebagaitindakan, semua pariabel atau pemberian kondisiyang akan dinilai.


Sumber: https://student.blog.dinus.ac.id/handay/seva-mobil-bekas/