Setelah agama Kristen berkembang di Romawi, ritual pemujaan Isis dilarang


Isis adalah dewi Mesir Kuno untuk kesuburan, pengobatan, pengetahuan, dan sihir.

Isis sebenarnya hanya julukan – tidak diketahui siapa nama aslinya. Karena huruf Hieroglif tidak mengandung vokal, dewi Isis disebut sebagai “asset” atau “is-set”. Kata “asset” dieja “isis” dalam bahasa Yunani. Artinya, “wanita bermahkota”. Soalnya, dewi Isis selalu mengenakan mahkota lebai yang bentuknya mirip tahta/singgasana, dan itulah arti dari namanya.

Trinitas Isis, Osiris, dan Horus

merupakan kisah legenda yang terkenal di negara piramid ini dan mungkin Andapun pernah dengar. Isis adalah istri dari Osiris, dan mereka berdua memiliki putra tunggal bernama Horus. Sahabat anehdidunia.com beberapa orang berpendapat bahwa Isis dan Osiris sebenarnya hanya manusia biasa yang berasal dari benua yang hilang, Atlantis, sebab ada kecocokan antara simbol-simbol Atlantis dengan simbol yang dikenakan Isis dan Osiris. Sebagian lagi berpendapat bahwa mereka adalah alien atau setidaknya keturunan alien (hehehe ..). Karena kelebihan ilmu pengetahuan mereka, kemudian masyarakat setempat menganggap mereka dewa-dewi. Apalagi dalam bahasa hieroglif, kata “is-set” (Isis) juga dapat merujuk kepada makna “manusia tidak kekal”.

Dalam legenda Mesir Kuno, dewi Isis dan suaminya sering turun ke bumi untuk mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan kepada manusia : seperti cara membangun piramid, struktur alam semesta, cara bertani dan beternak, pengobatan, termasuk ilmu sihir. Isis menguasai ilmu sihir dengan mencelakai ayah tirinya, Ra. Karena Ra adalah penguasa lalim, Isis mengirimkan ular kobra yang menggigitnya, dan hanya Isis lah yang memiliki obatnya. Dengan itu Isis memaksa, Ra untuk memberikan rahasia sihir kepadanya, dengan pertukaran obat. Oleh Isis, ilmu sihir ini diajarkan kepada rakyat Mesir.

Hampir semua murid-murid yang diajari langsung oleh Isis adalah kaum wanita. Salah satu ajaran Isis yang terkenal adalah ilmu sihir yang menggunakan ikatan tali atau simpul tali sebagai mediumnya. Bahkan, simpul kepangan rambut pun bisa dipakai untuk mengendalikan cuaca . Intinya, dalam sihir Isis, semua jenis simpul bisa jadi medium sihir. Sampai-sampai, ada simbol yang disebut “Simpul Isis” atau “the knot of isis”. Bentuknya mirip simbol Mesir Kuno “ankh”, hanya saja kedua tangannya terkulai.

Sebagai catatan, pada masa itu semua penyihir yang menggunakan simpul Isis sebagai medium magicnya adalah wanita. Bahkan pada masa Greco-Roman, semua pendeta yang melestarikan ajaran dewi Isis adalah wanita.

Penyebaran Sihir Dewi Isis
Dari masa ke masa, pemujaan Isis menggurita sampai ke luar Mesir. Di Yunani, muncul kisah dewi gandum Demeter yang pada hakikatnya, agak menyontek dari kisah Isis yang rajin turun ke bumi untuk mengajar kepada manusia. Muncul kuil-kuil pemujaan Isis. Di Sumeria, pemujaan dewi Isis menyaingi jumlah orang yang memuja dewi lokal mereka, Astarte.
Setelah agama Kristen berkembang di Romawi, ritual pemujaan Isis dilarang.Tapi toh, hal ini tidak mencegah penyebaran ajaran Isis di daerah luar Romawi. Di Irak, terdapat kuil-kuil pemujaan Isis yang berasal dari pertengahan 600M. Sebagai informasi, periode ini juga bersamaan dengan awal periode kenabian Rasulullah SAW dan awal kelahiran Islam. Dan Surah Al-Falaq merupakan wahyu yang diturunkan di Mekah, ketika Islam awal-awal lahir.

RECENT POSTS