Teknologi Terbaru Perintis Masa Depan


Teknologi Terbaru Perintis Masa Depan

Teknologi Terbaru Perintis Masa Depan

Teknologi Terbaru Perintis Masa Depan
Teknologi Terbaru Perintis Masa Depan

Ada beberapa teknologi “keren” yang baru-baru ini berhasil dikembangkan. Teknologi-teknologi ini begitu menjanjikan sehingga bisa disebut sebagai teknologi perintis masa depan. Apa saja teknologi terbaru perintis masa depan ini?

Silikon yang Lentur
teknologi terbaru masa depan – silikon lentur
Chip elektronik yang lentur | Credit: planetanalog.com
Silikon adalah bahan yang biasa digunakan sebagai tempat transistor di alat elektronik (biasanya berwarna hijau). Silikon ini begitu padat dan kaku. Tetapi sekarang tidak lagi.

Para peneliti di Universitas Illinois telah menemukan cara untuk membuat silikon menjadi lentur dan fleksibel. Menurut John Rogers, professor di unviersitas tersebut, rahasia dari teknologi ini adalah dengan cara menggunakan silikon yang sangat tipis, sekitar 100 nanometer, atau 1/1000 dari sehelai rambut kita.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari silikon yang fleksibel, misal: kita bisa langsung melihat sms melalui pakaian kita yang sudah diintegrasikan dengan alat elektronik. Agar alat elektronik ini fleksibel dan bisa mengikuti bentuk pakaian, maka silikon yang lentur adalah bahan utamanya.

Chip Serbaguna
teknologi terbaru masa depan – chip serbaguna
Chip yang serbaguna | Credit: retrothing.com
William Ditto, seorang pekerja biomedis di Universitas Florida sedang mengembangkan desain chip serbaguna. Chip ini seperti versi elektronik dari stem cell.

Di desain komputer tradisional, masing-masing chip memiliki fungsinya masing-masing. CPU untuk melakukan penghitungan, VGA untuk membuat desain grafis, RAM untuk memori, dan lain-lain. Chip serbaguna bisa melakukan semuanya.

Sebagai contoh, jika kita sedang membutuhkan penghitungan seperti MS Excel, maka chip serbaguna akan berfungsi seperti CPU, dan jika kita sedang bermain game dengan kebutuhan grafis tinggi, maka chip serbaguna bisa berfungsi sebagai VGA.

Telepresence
teknologi terbaru masa depan – telepresence
Telepresence sedang berlangsung | Credit: en.wikipedia.org\
Di beberapa film fiksi ilmiah, ada cara berkomunikasi secara audio visual dengan menggunakan proyektor yang disebut dengan telepresence. Hal ini ternyata sudah direalisasikan di dunia nyata.

Para peneliti di Institut California sedang bereksperimen dengan telepresence, dan mereka berhasil. Para peneliti menggunakan proyektor dengan resolusi super tinggi, layar selebar dinding, dan koneksi internet super cepat untuk melakukan telepresence.

Namun, telepresence belum bisa digunakan untuk umum. Telepresence membutuhkan alat yang mahal dan koneksi internet super cepat yang belum mampu digapai oleh masyarakat pada umumnya.

Tampilan Nanokristal
teknologi terbaru masa depan – nanokristal
Warna-warni nanokristal | Credit: news.illinois.edu
Nanokristal adalah benda kecil yang dapat memancarkan cahaya berwarna. Nanokristal berasal dari bahan anorganik. Jika nanokristal-nanokristal ini disusun sedemikian rupa dengan setting warna yang berbeda-beda, kemudian diberi cahaya yang sesuai, maka gambar berwarna dapat dihasilkan.

Seperti teknologi tampilan OLED (yang digunakan pada Samsung Galaxy S6, dkk), nanokristal memiliki akurasi tampilan dan resolusi yang lebih tinggi daripada tampilan LCD. Bahkan, tampilan nanokristal mengungguli OLED dari sisi harga pembuatan. Menurut Larry Bock, seorang pimpinan pengembang nanokristal: harga sebuah struktur nanokristal yang berukuran 1:100 akan sama saja, karena dalam pembuatannya, digunakan proses pembuatan satu per satu atom.

Sumber : https://nisachoi.blog.uns.ac.id/seva-mobil-bekas/