Tips Praktis Simpan Bumbu Giling Supaya Tahan Lama


Buat anda yang kegemaran masak, pasti anda akan memasak masing-masing hari bukan? Salah satu urusan yang sangat penting saat anda memasak ialah bumbu. Pasti bakal lebih gampang dan praktis andai kamu menciptakan bumbu basah giling dan bumbu kering giling sendiri.

Untuk menghemat waktu, kamu dapat membuat bumbu giling dalam jumlah banyak. Namun terkadang anda bingung bagaimana caranya supaya bumbu giling itu tahan lama. Kamu tidak butuh khawatir, ikuti 3 tips praktis menyimpan bumbu giling supaya tahan lama.

1. Menyimpan bumbu basah giling matang.
Menumis bumbu halus adalahproses pengolahan atau pemasakan yang sangat sering digunakan. Pemasakan bumbu yang dilaksanakan dengan panas yang lumayan akan membunuh mikroba yang terdapat dalam bumbu. Jadi, bakal memperpanjang masa simpan bumbu. Cara ini dapat mempertahankan bumbu sampai 2-4 minggu di suhu ruang dan 2-3 bulan di lemari pendingin.

Setelah bumbu basah giling ditumis, tidak boleh lupa masukkan ke dalam wadah yang telah disiapkan. Wadah yang akan dipakai harus steril. Jika anda akan memakai glass jar. Rebus glass jar terlebih dahulu sekitar 30 menit. Setelah selesai, masukkan bumbu giling yang masih dalam suasana panas ke dalam glass jar dan tunggu sampai dingin, lantas ditutup.

2. Menyimpan bumbu basah giling mentah.
Jika anda tidak terdapat waktu guna menumis bumbu, bumbu giling mentah pun bisa langsung disimpan. Simpan bumbu giling mentah di kulkas unsur bawah. Masukkan bumbu yang akan dipakai per hari ke dalam plastik transparan lantas tutup dengan rapat. Menyimpan di kulkas unsur bawah akan menciptakan bumbu giling bertahan 2-3 hari.

Cara lainnya ialah simpan di freezer, namun sebelumnya bumbu dituang ke cetakan es batu cube supaya mudah dipungut saat bakal memasak. Cara ini akan menjaga bumbu sekitar 1-2 minggu.

3. Menyimpan bumbu kering giling, lantas jadikan bubuk.
Sangrai bumbu kering terlebih dahulu. Setelah tercium wewangian harum dan permukaan biji terlihat tidak banyak kecoklatan, segera angkat dan angin-anginkan sampai dingin. Lalu, giling bumbu dan tempatkan pada toples bersih dan tidak boleh lupa beri label nama. Letakkan bumbu di lokasi yang kering dan tidak terkena matahari dan panas.

Untuk menggiling pakai blender eksklusif biji-bijian atau dry mill. Karena jka memakai blender mata pisau bakal tumpul dan gampang rusak.

Baca Juga :