Urutan dan kebersihan Tenochtitlan


Tanaman Obat

Aztec juga terkenal karena pengetahuan ensiklopedis mereka tentang tanaman obat. Jamu dan obat kuratif diketahui didistribusikan di “apotek tempat sirup, salep, dan perban yang bisa dibeli.”Papiani-panamacani yang bekerja di perusahaan-perusahaan ini tidak hanya menjual obat-obatan tetapi juga menggunakan pengalaman mereka untuk memberi tahu pelanggan mereka.

Salah satu obat dalam permintaan tinggi adalah penangkal gigitan ular, penting mengingat bahwa Meksiko memiliki berbagai macam ular berbisa. Suku Aztec membuat obat mereka dengan tembakau dan maguey, dan orang Spanyol sendiri bersaksi tentang keefektifannya. Obat herbal populer lainnya adalah tanaman cacaloxochitl, sangat dihargai karena sifat antistresinya. Ini sangat populer di kalangan elit penguasa Aztec, yang menggunakannya dalam bentuk aromaterapi, sambil menikmati pijatan di musim panas, atau mandi uap.

Sanitasi yang baik

Standar kebersihan publik dan swasta yang relatif tinggi adalah faktor penentu dalam umur panjang Aztec. Berkat tulisan-tulisan dari conquistadores Hernán Cortés dan Bernal Díaz del Castillo, kami tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang manfaat obat Aztec tetapi juga kebiasaan higienis mereka. Ini jauh lebih baik daripada orang-orang Eropa kontemporer.

Urutan dan kebersihan Tenochtitlan sangat kontras dengan kekotoran kota-kota asal Spanyol. Sebagai contoh, ibukota Aztec memiliki sistem yang sangat baik untuk mendistribusikan air minum, dengan tidak hanya satu, tetapi dua set pipa. Sementara satu set pipa sedang digunakan, yang lain sedang dipertahankan untuk menjaga keduanya dalam kondisi kebersihan yang konstan. Ini termasuk penggunaan inovatif axolotl, amfibi sepanjang sepuluh inci, yang ditempatkan di pipa dan akan memakan kotoran, membiarkan air bersih. Ketika Hernán Cortés mengepung dan mengepung Tenochtitlan, ia memecahkan pipa air untuk menghalangi warga mendapatkan air mengalir. Ketika kota dibangun kembali setelah penaklukan, hanya salah satu set pipa ini diperbaiki. Akibatnya, penyakit yang ditularkan melalui air menyebar ke seluruh populasi dengan tingkat keparahan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Istana Tenochtitlan dibangun dengan kakus pribadi yang terhubung ke sistem air mengalir. Masyarakat juga memiliki akses ke fasilitas toilet, yang didistribusikan ke seluruh kota dan bahkan di sepanjang jalan menuju ke sana. Suku Aztec telah mengembangkan kebiasaan mendaur ulang limbah organik mereka, yang dibawa keluar kota dalam wadah untuk dibakar, atau disebarkan di ladang sekitarnya sebagai pupuk kandang.

Gambaran Sanitasi Tenochtitlan oleh Diego Rivera

Rumah-rumah dibangun sesuai dengan peraturan ventilasi standar dan mungkin dilengkapi dengan pemandian uap. Kepedulian terhadap kebersihan seperti itu tidak hanya mendominasi budaya sipil tetapi juga memberi informasi pada setiap tahap kehidupan Aztec di seluruh masyarakat. Warga terbiasa mandi setiap hari dan menggunakan sabun yang terbuat dari buah copalxocotl. Dari tahun-tahun awal mereka, anak-anak Aztec diajari pentingnya perawatan pribadi, termasuk perhatian pada gigi dan pakaian mereka. Pasangan muda diinstruksikan bahwa kebersihan pribadi dan rumah tangga tidak hanya akan mengarah pada persatuan yang panjang tetapi juga dengan yang sangat bahagia.

RECENT POSTS